Bidang Kompetensi

Berita



LAPAN gelar sosialisasi penyediaan dan pemanfaatan data penginderaan jauh di Kabupaten Kayong Utara
Penulis Berita : Rubini Jusuf • Fotografer : Tim Sosiaisasi • 17 Oct 2019 • Dibaca : 144 x ,

DE-INDERAJA | Memenuhi undangan dari Bupati Kayong Utara, Kepala Bidang Diseminasi Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh LAPAN memberikan sosialisasi tentang Penyediaan dan Pemanfaatan  Data Pengideraan Jauh untuk Mendukung Pembangunan Daerah. Acara sosialisasi berlangsung pada tanggal 15 Oktober 2019, bertempat di Aula Rakyat Kabupaten Kayong Utara. Hadir pada acara tersebut Bupati Kayong Utara, Drs. Citra Duani, didampingi oleh  Asisten I Sekretariat Daerah Kayong Utara, Syarif Muzahar serta para utusan dari OPD terkait, para camat dan juga kepala desa dengan total jumlah peserta sekitar 60 orang.

Dalam sambutannya Bupati Kayong Utara menyampaikan bahwa data penginderaan jauh telah dimanfaatkan dalam beberapa bidang pembangunan, antara lain dalam penyelesaian batas antar desa di Kabupaten Kayong Utara. Melalui pemanfaatan data penginderaan jauh ini, penyelesaian konflik batas desa terselesaikan dan telah diterbitkan Peraturan Bupati yang memuat batas desa ini. Sementara untuk batas antar Kabupaten, masih ada satu segment yang masih dalam tahap finalisasi, yaitu perbatasan antara Kecamatan Simpang Hilir di Kab. Kayong Utara dengan Kecamatan Simpang Dua di Kab. Ketapang.

Selain itu Bupati Drs.  Citra Duani juga menyampaikan bahwa tahun depan akan mulai dilakukan pembangunan bandar udara baru di Kab. Kayong Utara yang diharapkan akan meningkatkan pembangunan di Kayong Utara. Penentuan lokasi dan pemetaan bandar udara baru ini tak luput dari dukungan data penginderaan jauh. Juga akan dilakukan pembangunan jalan pintas antara Pontianak ke Kayong Utara yang akan menggenjot sektor ekonomi di Kayong Utara. Bupati Drs. Citra Duani juga mengharapkan dukungan data penginderaan jauh untuk meningkatkan sekor pariwisata di Kayong Utara khususnya pada Kepulauan Karimata.

Dalam paparannya Kabid Diseminasi Pustekdata - LAPAN Ir. Rubini Jusuf, M.Si menyampaikan bahwa pemanfaatan data penginderaan jauh sangat luas, khususnya dalam mendukung perencanaan pembangunan di daerah. Data-data penginderaanjauh resolusi tinggi dan sangat tinggi sudah diserahkan LAPAN kepada pihak Kab. Kayong Utara untuk digunakan antara lain dalam penyusunan RTRW dan RDTR. Pemanfaatan data pada sektor perikanan (pemetaan ZPPI) diharapkan juga dapat membantu para nelayanan melalui Dinas Perikanannya untuk meningkatkan jumlah tangkapan ikan. Saat ini ketersediaan data penginderaan jauh resolusi tinggi dan sangat tinggidi Kayong Utara sudah sekitar 80%, hampir seluruh wilayah Kayong Utara sudah terliput kecuali pada wilayah kepulauannya. Untuk itu LAPAN menjanjikan akan melakukan akuisisi data penginderaan jauh resousi tinggi dan sangat tinggi khususnya pada wilayah Kepulauan Karimata di Kayong Utara.

Saat ini antara LAPAN dengan Kab. Kayong Utara sudah ada Perjanjian Kerjasama. Melalui sosialisasi ini juga dibahas peluang meningkatkan kerjasama antara LAPAN dan Kab Kayong Utara dan menuangkannya dalam bentuk kegiatan. Dalam arahan penutupannya Bupati Drs. Citra Duani mengharapkan kerjasama pemanfaatan data inderaja dalam bidang pertanian, perikanan, pariwisata dan peningkatan pajak. Tak lupa juga beliau mengharapkan LAPAN dapat memberikan bimtek pengolahan data penginderaan jauh bagi SDM Kayong Utara sehingga dapat mengolah data penginderaan jauh secara mandiri.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL