Bidang Kompetensi

Berita



Pustekdata LAPAN Menerima Kunjungan Himpunan Mahasiswa Departemen Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia
Penulis Berita : Humas/Bam • Fotografer : Humas/ML • 14 Oct 2019 • Dibaca : 939 x ,

DE – INDERAJA | Jakarta, Jum’at 11 Oktober 2019, Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh LAPAN menerima kunjungan Himpunan Mahasiswa Departemen Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia  sebanyak 60 mahasiswa terdiri dari semester III dan V, dalam rangka belajar tentang  teknologi dan aplikasi penginderaan jauh yang di miliki LAPAN. Tamu kunjungan tersebut diterima langsung oleh  Kepala Bidang Desiminasi Pustekdata Ir. Rubini Jusuf, M.Si. di dampingi para narasumber  Fadila Muchsin, ST., M.Si. peneliti Pustekdata serta Mukhoriyah, ST., M.Si, peneliti Pusfatja, tamu kunjungan diterima  di gedung Indriya Buana Pustekdata, Jakarta Pasar Rebo.
Sambutan Kepala Bidang Desiminasi Pustekdata Ir. Rubini Jusuf, M.Si. menyampaikan pertama tama mengucapakan selama dating dan terima kasih atas kepercayaan berkunjung di Pustekdata LAPAN,  semoga kunjungan ini dapat dimanfaatkan sebaik baiknya,  bahwa LAPAN adalah lembaga di Indonesia ini  satu  satunya  LAPAN yang dipercaya atau diiberikan amanah untuk mengelola salah satunya pada data citra satelit penginderaan jauh   setara eselon I yaitu Deputi Bidang Penginderaan Jauh ini yang membawahi dua Satker Ada dua Pusat yaitu  Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh  dari hulu sampai dengan hilir yang mempunyai program utama LAPAN adalah Bank Data Penginderaan Nasional (BDPJN) dan pada Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh tugas pokok adalah Sistem Pemantau Bumi Nasional (SPBN).  
LAPAN  mengakuisisi atau perekaman di  tiga stasiun bumi  Pare, Stasiun Bumi Rumpin serta stasiun bumi Jakarta, Adapun data citra satelit penginderaan jauh yang di kelola LAPAN adalah resolusi menengah, resolusi menengah dan resolusi sangat tinggi yaitu Terra, Aqua, S-NPP,NOAA-18, NOAA-19, MetOp, Himawari-8, Landsat-7, Landsat-8, SPOT-6,SPOT-7, Pleiades 1A,Pleiades 1B, TerraSAR-X, TanDEM-X, dan selanjutanya di simpan, dikelola, dan di distribusikan dan manfaatkan oleh Kementerian/Lembaga, Pemerintah Darerah, TNI/POLRI.  
Sedangkan dari pihak pengunjung yang diwakili oleh Wakil  HMD Geografi Dinda Zanuba Arifah semester V menyampaikan harapannya agar diantara para mahasiswa dapat  melakukan PKL atau tugas akhir di LAPAN nantinya.
cara dilanjutkan dengan presentasi dari narasumber  Fadila Muchsin, ST., M.Si peneliti dari Pustekdata yang memaparkan tentang Sistem Akuisisi, Pengolahan dan Manajemen Data Penginderaan Jauh di LAPAN serta Mukhoriyah,ST., M.Si memaparkan  Pemanfataan Penginderaan Jauh dalam mendukung SBPN,
yang meliputi tugas pokok dan fungsi, pengenalan inderaja, teknologi satelit, sistem perekaman data, pengolahan data sampai kepada spesifikasi dan distribusi data  sampai,  teknologi dan aplikasi informasi untuk berbagai perencanaan serta pengambil kebijakan untuk mendukung perencanaan bagai sektor.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2020 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL