Bidang Kompetensi

Berita



LAPAN Sosialisasi Pemanfaatan dan Ketersediaan Data Penginderaan Jauh untuk Mendukung Pembangunan Pemerintah Daerah di Kabupaten Banyumas
Penulis Berita : Ogi Gumelar • Fotografer : Ogi Gumelar • 16 Sep 2019 • Dibaca : 137 x ,

DE – INDERAJA | Sosialisasi Pemanfaatan dan Ketersediaan Data Penginderaan Jauh bagi Penyelenggaraan Penataan Ruang di Kabupaten Banyumas. Sosialisasi yang dilaksanakan tanggal 13 September 2019 bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai pemanfaatan data geografis. Lokasi acara dilaksanakan di Ruang Rapat Dinas Perumahan dan Kawasan Perumahan Kabupaten Banyumas yang beralamat Jl. Gerilya Barat No.5, Purwokerto, Kabupaten Banyumas. Acara tersebut dihadiri oleh berbagai OPD terkait yang termasuk di dalam Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) dan staf teknis yang membidangi tata ruang.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Banyumas  Ir. Junaidi, M.T. Sambutan membahas mengenai fungsi dan peran dari LAPAN dalam menyediakan citra satelit, selain itu penggunaan citra satelit sangat bermanfaat bagi pihak terkait dalam mengelola dan penataan ruang wilayah Banyumas.

Pemaparan sosialisasi dilakukan oleh Ogi Gumelar, S.Si, M.Eng selaku Peneliti Ahli Muda Pusatekdata, menyampaikan  tentang struktur organisasi, tugas dan fungsi LAPAN sesuai amanat undang-undang nomor Nomor. 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan. Pemaparan selanjutnya mengenai data citra satelit dengan berbagai resolusi, baik resolusi spasial maupun spektral. Secara spasial citra terbagi atas berbagai resolusi misalnya resolusi spasial tinggi, menengah dan rendah. Resolusi spektral juga terbagi atas komposisi kanal (Band) misalnya untuk citra Pleiades yang memiliki 4 kanal sedangkan untuk citra MODIS (baik Terra maupun Aqua) memiliki 36 kanal. Tiap kanal tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda, selain resolusi spektral sensor satelit juga dibedakan atas optis dan radar. Citra radar yang di akuisisi oleh LAPAN saat ini adalah Terra SAR-X dan TanDEM-X. Penjelasan mengenai penyediaan data melalui website datadoors juga dijelaskan kepada peserta sosialisasi dengan tujuan agar peserta memahami prosedur dan tata cara peminjaman data. Diskusi antara peserta dan presenter secara aktif berlangsung setelah pemaparan selesai. Para peserta sangat berantusias dalam bertanya, pertanyaan yang muncul mayoritas seputar mengenai teknis peminjaman data.

Kegiatan sosialisasi diakhiri dengan penyerahan cindera mata (berupa Peta Citra Satelit wilayah Banyumas) dari LAPAN dan souvenir (berupa plakat daerah banyumas) yang diberikan oleh Ir. Junaidi, M.T.



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL