Bidang Kompetensi

Berita



Ekspose Kerja Sama LAPAN, Ajang Penyampaian Perkembangan Litbang
Penulis Berita : humas Pustekdata • Fotografer : Humas Pustekdata • 27 Sep 2019 • Dibaca : 82 x ,

DE - INDERAJA | Jakarta,  Jum’at 27 September 2019, LAPAN menyelenggarakan Ekspose Kerja Sama serta Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dan Nota Kesepahaman di Hotel Grand Mercure, Kemayoran. Acara yang diselenggarakan oleh Bagian Kerja Sama LAPAN ini diadakan dalam bentuk talkshow. Tujuan diadakannya acara ini adalah sebagai penyampaian informasi hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan LAPAN. Dalam talkshow ini disampaikan informasi berkaitan dengan penelitian dan pengembangan sains dan teknologi penerbangan dan antariksa yang telah dilakukan oleh LAPAN.

Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin, dalam sambutannya menyatakan bahwa kerja sama adalah hal yang penting. Kerja sama dapat menjadi wadah LAPAN dan para mitra untuk saling menggunakan sumber daya masing-masing dalam rangka mendukung perencanaan pembangunan pemerintah daerah maupun Kementerian dan Lembaga dan bidang Teknologi Kedirgantaraan dan Keantariksaan.

“Dalam Undang-Undang No. 21 Tahun 2013, LAPAN dimandatkan sebagai lembaga litbang dan lembaga penyelenggara kegiatan keantariksaan. LAPAN melakukan banyak hal dalam  penyelenggaraan kegiatan litbang diantaranya  penyelenggaraan kegiatan penginderaan jauh telah mendapatkan turunan dari Undang-Undang tersebut yaitu PP 11 tahun 2018. Tidak hanya itu, ada juga PP yang harus dipacu mengenai penguasaan teknologi,” ujar Thomas.

Indonesia telah menjadi salah satu dari “New Space Technology Emerging Countrie”. Di Asia tenggara, Indonesia dianggap sebagai leader dalam teknologi keantariksaan. Potensi tersebut sedang dikembangkan agar LAPAN bisa bekerjasama dengan para stakeholder agar pemanfaatannya bisa lebih jelas. Juga sumber daya yang dimiliki dapat dimanfaatkan dengan lebih baik lagi.

Penandatanganan  Kerjasama  LAPAN dengan Fakultas Tenik Universitas Pancasila dan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dalam Penyediaan Data Pemanfaatan Data dan Informasi untuk Mendukung Pembungunan, dilanjutkan sesi talkshhow, Deputi LAPAN saling menjelaskan kompetensi dan hasil litbang,  Deputi Bidang Penginderaan Jauh Dr. Orbita Roswintiarti, M.Sc menyampaikan di Kedeputian Bidang Penginderaan Jauh mempuyai dua tugas pokok diantaranya Bank Data Penginderaan Jauh Nasional (BDPJN) serta Sistem Pemantaun Bumi Nasional (SPBN) dalam pengelolaan dan pendistribusian , Akuisisi, aplikasi  data citra satelit penginderaan jauh. De – Inderja  telah luncurkan inovasi Platform aplikasi layanan data dan informasi satelit penginderaan jauh berbasis digital bernama SPACEMAP (Sistem Penyajian Data yang Cepat, Mudah, Aman dan Populer) yang dapat di akses oleh seluruh Pemerintah Provinsi di Indonesia dalam penyediaan dan penyaluran data dan SIPANDORA ialah Sistem Pemantauan Bumi Nasional berbasis Android.

Di antaranya adalah Satelit LAPAN–A3/LAPAN-IPB (yang memiliki misi pemantauan lahan, pemantauan kapal, keilmuan, dan uji eksperimen), pengembangan Roket seri RX (RX 450 dan RX 1220), dan Pesawat N-219, sebagaimana dijelaskan oleh Deputi bidang Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Dr. Rika Andiarti. Pada bidang Sains Antariksa dan Atmosfer, LAPAN telah mengembangkan Satellite-based Disaster Early Warning System (SADEWA) dan Space Weather Information and Forecast Services (SWIFTs), sebagaimana dijelaskan oleh Deputi bidang Sains Antariksa, Afif, Budiono. Dalam acara tersebut, berlangsung pula Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dan Nota Kesepahaman oleh LAPAN dan mitra kerja sama. Mitra kerja sama LAPAN antara lain Pemkab Pesisir Selatan, Pemkab Tojo Una-Una, LIPI, BIG, BSN, ANRI, Universitas Wiraraja, Universitas Riau, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Universitas Pancasila, Universitas Muhammadiyah Surakarta, PT Dahana, PT TAP Applied Agri Services, dan PT AAT.

Bentuk kerja sama yang dilakukan oleh LAPAN dengan mitra-mitra tersebut beragam. Beberapa bentuknya adalah penyediaan data dan informasi penginderaan jauh; pengembangan dan pemanfaatan sains dan teknologi penerbangan dan antariksa untuk mendukung pembangunan; pengembangan dan penerapan standardisasi dan penilaian kesesuaian, dan lainnya. Hadir dalam acara tersebut Kepala BIG, Prof. Dr. Hasanuddin Z. Abidin; Bupati Tojo Una-una, Mohammad Lahay; dan Direktur Teknologi dan Pengembangan PT. Dahana (Persero), Wildan Widarman.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL