Bidang Kompetensi

Berita



Seminar Nasional Penginderaan Jauh ke-6 di Depok Jabar
Penulis Berita : Drs. Ngadino • Fotografer : Humas Pustekdata • 17 Jul 2019 • Dibaca : 2720 x ,

DE – INDERAJA | Jakarta, Rabu 17 Juli 2019, Kedeputian Bidang Penginderaan Jauh LAPAN menyelenggarakan Seminar Nasional Penginderaan Jauh ke-6 yang dibuka secara resmi oleh Kepala LAPAN Prof. Dr. Thomas Jamaludin didampingi Deputi Bidang Penginderaan Jauh, Dr. Orbita Roswintiarty, Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh, Ir. Dedi Irawadi dan Kepala Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh, Dr. Rokhis Komarudin di The Margo Hotel, Kota Depok, Jawa Barat. Seminar ini mengambil Tema “Peningkatan Pemanfaatan IPTEK Penginderaan Jauh untuk Mendukung Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s)”. Acara seminar yang diselenggarakan oleh LAPAN setiap tahun ini, saat ini telah memasuki tahun ke-6 dan mengundang para stake holder terkait dari kalangan Kementerian/Lembaga, TNI/ POLRI, Perguruan Tinggi, dan Pemerintah Daerah. Mereka diundang baik sebagai peserta maupun untuk membawakan makalah yang bisa dipresentasikan pada acara seminar tersebut. 

Panitia seminar mengundang seluruh Kepala Satuan Kerja di lingkungan LAPAN dan seluruh peneliti dan perekayasa dari Kedeputian Bidang Penginderaan Jauh. Hadir juga pada kesempatan tersebut adalah Dr. Hadiat, MA (Direktur Pendidikan Tinggi, IPTEK dan Kebudayaan) sebagai Keynote Speech dengan Tema “Kebijakan Pemerintah dalam Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)”. Pada kesempatan ini juga dilakukan Penandatanganan MOU antara LAPAN yang diwakili oleh Deputi Bidang Penginderaan Jauh dengan ITB yang mewakili pihak Perguruan Tinggi sebagai agen SDG’s center.  

Tidak ketinggalan pula Staf Ahli Menteri PPN Bidang Pemerataan dan Kewilayahan, Drs. Oktorialdi, M.A., Ph.D hadir memenuhi undangan LAPAN untuk menyukseskan acara seminar dalam sesi Talk Show bersama dua pembicara lainnya yaitu Dr. Orbita Roswintiarti (Deputi Bidang Penginderaan Jauh – LAPAN) dan Dr. Zuzy Anna (SDG’s Center Universitas Padjajaran). Talk Show tersebut dimoderatori oleh Ir. Agus Hidayat, M.Sc. (Analis Kebijakan Utama LAPAN) dengan mengambil Tema “Implementasi Data Penginderaan Jauh dan Tantangannya dalam Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s)”. 

Setelah Acara Pembukaan dan Talk Show selesai, seminar dilanjutkan dengan presentasi dari 20 pemakalah yang diselenggarakan secara paralel dalam lima kelompok yaitu Pemanfaatan penginderaan jauh untuk air bersih dan sanitasi layak (SDG#06); Pemanfaatan penginderaan jauh untuk kota dan komunitas berkelanjutan (SDG#11); Pemanfaatan penginderaan jauh untuk penanganan perubahan iklim (SDG#13); Pemanfaatan penginderaan jauh untuk ekosistem laut (SDG#14); dan Pemanfaatan penginderaan jauh untuk ekosistem darat (SDG#15). Seluruh rangkaian acara berjalan sukses dari awal hingga akhir, dan setelah penutupan seluruh peserta kembali dengan tertib dan lancar.

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2021 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL