Bidang Kompetensi

Berita



WORKSHOP PENGOLAHAN SENTINEL-1, SENTINEL-2 & INTEGRASINYA DENGAN LANDSAT UNTUK APLIKASI KEHUTANAN (LAPAN-WRI-KLHK)
Penulis Berita : Haris • Fotografer : Haris • 20 Jun 2019 • Dibaca : 666 x ,

DE- INDERAJA | Workshop  Pengolahan Sentinel-1, Sentinel-2 & Integrasinya dengan Landsat-8  Untuk Aplikasi Kehutanan, diselenggarakan di Swissbell Hotel Bogor pada  19 Juni 2019. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK ) dan World Resource Institute (WRI) Indonesia. Acara ini dibuka oleh perwakilan dari LAPAN,  Dr. Orbita Roswintiarti, M.Sc., selaku Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN.
Workshop ini memiliki arti penting untuk mencari metode dan teknik pengolahan data Sentinel-1 dan Sentinel-2 yang efisien dan efektif untuk aplikasi kehutanan. Selain itu workshop ini merupakan wadah bagi LAPAN untuk mengolah dan menghasilkan produk Analysis Ready Data (ARD) citra gabungan Sentinel-1, Sentinel-2 dan Landsat-8.
Judin Purwanto S.Hut.,M.Si dalam paparannya menyampaikan untuk memenuhi kebutuhan KLHK dalam monitoring hutan, dibutuhkan integrasi data agar mendapatkan hasil yang optimal. Rencana ke depan proses identifikasi tutupan lahan, deforestasi dapat dilakukan secara otomatis, agar monitoring dapat dilakukan dengan cepat. Namun permasalahan yang dihadapi saat ini adalah pemantauan menggunakan data optis terkendala dengan awan, khususnya daerah sekitar katulistiwa diantaranya Kutai Karta Negara, Kutai Timur, Kutai Barat dan Mahakam Hulu.
Untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh KLHK, pada kesempatan ini baik instansi ataupun institusi pendidikan yang hadir pada Workshop ini memaparkan materi dengan tema terkait diantaranya : Penyediaan Data Landsat BDPJN-LAPAN, Pengembangan Pengolahan Data Sentinel-1 Untuk Penyiapan Analysis Ready Data (ARD) disampaikan oleh Ayom Widipaminto, M.T. dari Pustekdata LAPAN, Pengolahan Data Sentinel-2 disampaikan oleh Dr. Danang Surya Chandra dari Pustekdata LAPAN, Data Sentinel-1 untuk Pemantauan Perubahan Penutup Lahan disampaikan oleh Samsul Arifin, M.Si. dari Pusfatja LAPAN, Pemanfaatan Sentinel-2 Untuk Identifikasi Indikasi Penutup Lahan Dalam Updating Informasi Penutup Lahan Tahunan disampaikan oleh Dr. Dede Dirgahayu Pusfatja LAPAN. Hadir di acara ini dari NASA JPL membahas  tentang New Technique for Monitoring Global Forest Cover and Carbon Dynamic, yakni Sassan Saatchi,  dari  Wageningen University membahas  tentang Near Real Time Radar Monitoring Application For Tropical Peatlands  disampaikan oleh Dirk Hoekman, dari IPB membahas  tentang : (a) Introduction to Automatic Sentinel-2 Data Processing disampaikan oleh Sahid Hudjimartsu, (b) Monitoring Hutan Tropika Menggunakan SAR disampaikan oleh Bambang Trisasongko, dan dari UGM membahas  tentang Integrasi data Sentinel-2 dan Landsat disampaikan oleh Sanjiwana Arjakusuma.
Diakhir acara Kustiyo, M.Si memaparkan hasil resume workshop ini, membuka diskusi lanjutan, dan rencarana kerja ke depan. Rencana ke depan akan dilakukan pengolahan Sentinel-1, Sentinel-2 & integrasinya dengan Landsat dengan area uji coba adalah Kalimantan dengan kolaborasi semua pihak.



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL