Bidang Kompetensi

Berita



LAPAN Kerjasama KLHK –UNDP Menyelenggarakan Bimtek Lanjutan Gelombang II untuk Pemantauan Hutan di Luar Kawasan Hutan
Penulis Berita : humas Pustekdata • Fotografer : Humas Pustekdata • 29 Apr 2019 • Dibaca : 849 x ,

DE – INDERAJA | Senin, 29 April 2019 Pusat Teknologi dan Data (Pustekdata) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) melaksanakan Kegiatan Bimbingan Teknis Lanjutan Gelombang II “Pengolahan Data Penginderaan Jauh untuk Pemantauan Hutan di Luar Kawasan Hutan” selama lima hari  mulai tanggal 29 April sampai dengan 03 Mei 2019 di Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh, Jakarta Timur. Dengan diikuti 20 peserta terdiri dari  5 orang dari KLHK Pusat, 9 orang dari Kalimantan Barat (Dishut Kalimantan Barat, KPH Ketapang, Kalimantan Barat, UPT KPH Wil.  Ketapang Utara, Kalimantan Barat, Bappeda Ketapang, Kalimantan Barat, KPH Sintang Utara, Kalimantan Barat, Bappeda Sintang, Kalimantan Barat , 3 orang dari Kalimantan Tengah ( KPHP Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Dishut Kalimantan Tengah, BPKH Palangkaraya, Kalimantan Tengah, 3 orang dari  Kalimantan Timur (Dinas LH Kalimantan Timur, Dishut Kalimantan Timur, KPHP Bengalon Kalimantan Timur)

Hadir pada acara tersebut Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh LAPAN, Ir. Dedi Irawadi, di dampigi Kabid Diseminasi Pustekdata, Ir. Rubini Jusuf, M.Si., Kasubbag SDM dan Tata Usaha Pustekdata LAPAN  Mohammad Soleh, S.Si., M.Eng.   Sedangkan dari KLHK yang hadir  Kasubdit. Pemantauan Sumberdaya Hutan Judin Purwanto, S.Hut., M.Si
 
Dari KLHK,  Kasubdit. Pemantauan Sumberdaya Hutan Judin Purwanto, S.Hut., M.Si. dalam sambutannya menyampaikan  bahwa bimtek  ini adalah kerjasama antara LAPAN – KLHK - UNDP dan Global Enviroment Finace (GEF) dengan harapan kedepannya para peserta diharapkan mampu memberikan kontribusi  dalam pengelolaan dengan menggunakan citra satelit penginderaan jauh  memberikan kotribusi manfaat dan informasinya khususnya di wilayah Kalimantan dengan lebih baik lagi.

Sambutan sekaligus pembukaan bimtek lanjutan gelombang II Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh Ir. Dedi Irawadi menyampaikan bahwa LAPAN dengan KLHK sudah menjalin kerjasama  sudah terjalin cukup lama, dalam penyediaan data citra satelit penginderaan jauh dari resolusi menengah dan resolusi tinggi. Juga LAPAN akan mendukung data-data mozaik produk terbaru yaitu data mozaik SPOT-6 dan SPOT-7 resolusi 1,5 m serta siap mensupport data-data inderaja skala detail untuk keperluan monitoring hutan periode tahunan

Pada Bimtek Lanjutan gelombang II ini lebih mengutamakan praktek dan sedikit teori dan bahan ajar Pengenalan pengolahan data drone, Pengenalan dan Instalasi Perangkat Lunak Pengolah Data Drone, Praktikum Pengolahan Data Drone Hasil Survey Lapangan pada Bimtek Tahap Dasar, Evaluasi Tugas yang diberikan pada Bimtek Tahap Dasar, Pengenalan penyiapan mosaik & resampling citra mosaik data SPOT 6/7 (konversi 16 Bit ke 8 Bit), Review Praktikum Pengolahan data tilebase mosaik SPOT 6/7 wilayah Kabupaten masing-masing peserta, Digitasi/Deliniasi Obyek Hutan menggunakan data tilebase mosaik SPOT 6/7, Overlay Data Hasil Digitasi Obyek Hutan menggunakan data tilebase mosaik SPOT 6/7, Analisis Luas Area Data Hasil Digitasi dan Pengisian Atribut Tabel Berdasarkan Kelas Lahan Digitasi, Pengenalan Digitasi Klasifikasi Digital (Semi-Automatic Classification Plugin) menggunakan QGIS dan Layout hasil pengolahan data. Sistem pengajaran menggunakan metode ceramah dan diskusi kelompok.

Adapun pengajar bimtek lanjutan gelombang II dari LAPAN antara lain Dipo Yudhatama, S.T., M.Si, Mukhoriyah, S.T., M.Si., Marendra  Eko Budionao, S.Si., M.Sc., Liana Fibriawati, S.Si., Viradhea Gita Rista Laksawana, S.T., Rizka Valupi, S.Si., Muhammad Noer Satrio Wibowo, AMd,  sedangkan dari KLHK Andi France Daryanto, S.Hut., Bemby Magaret Putra, S.Hut., Endrawati S.Hut, Alhamdi Yosef  . Pada akhir sesi bimtek akan dilakukan post test dan masing-masing kelompok akan mempresentasikan hasil bimtek yang telah diikuti dan selesai bimtek masing-masing peserta akan diberikan sertifikat.



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL