Bidang Kompetensi

Berita



Workshop on Earth Observation with Satellite Imagery in Collaboration with Planet
Penulis Berita : Kurnia Ulfa, Yuvita Dian Safitri • Fotografer : Muhammad Dwi Wibowo • 28 Mar 2019 • Dibaca : 1505 x ,

DE – INDERAJA | Pustekdata LAPAN bekerja sama dengan Planet, Singapura menyelenggarakan kegiatan workshop dengan tema “Workshop on Earth Observation with Satellite Imagery” pada Rabu, 27 Maret 2019 di Hotel Hermitage, Menteng, Jakarta Pusat. Kegiatan workshop dihadiri oleh Menteri Bappenas, Kepala LAPAN serta perwakilan dari berbagai instansi pemerintah pengguna data penginderaan jauh.
Menteri menyampaikan tentang pentingnya data penginderaan jauh untuk mendukung SDG (Sustainable Development Goals) di Indonesia. Empat tujuan yang perlu menjadi perhatian pemerintah Indonesia terkait dengan penggunaan data satelit penginderaan jauh adalah,
•    Industry, Innovation, and Infrastructure, strategi infrastruktur yang beradaptasi terhadap perubahan iklim dan tahan bencana untuk meningkatkan daya saing Indonesia. Juga ingin melihat apakah bisa mendistribusikan pembangunan ke seluruh wilayah Indonesia sesuai potensi di daerahnya. LAPAN telah berkoordinasi dengan BIG untuk menghasilkan peta citra yang dapat mengisi kekosongan data BIG
•    Climate Action, terkait bencana dan kondisi yang tidak biasa di seluruh dunia, untuk beradaptasi dan melakukan mitigasi dengan baik diperlukan data citra satelit. LAPAN telah mengeluarkan versi android untuk potensi kebakaran hutan sebagai upaya pemadaman kebakaran hutan dan mitigasinya.
•    Life Below Water, merupakan lingkungan hidup yang seharusnya diperhatikan lebih banyak daripada daratan, karena sangat penting, tidak hanya SDA (Sumber Daya Alam) tetapi juga perubahan iklim dan bencana. Beberapa hal yang dimasa lalu yang tidak menjadi perhatian harus diperhatikan mulai saat ini. LAPAN telah menyediakan ZPPI dengan cara menganalisis suhu permukaan laut sebagai upaya memanfaatkan sumber daya laut.
•    Life on Land, SDA sangat diandalkan pada pertanian, pertambangan dll. Pertanian dengan cara modern harus dilakukan untuk mendapatkan nilai tambah pada sektor tersebut dengan memanfaatkan data citra penginderaan jauh. LAPAN telah melakukan pemantauan perkebunan dan pertanian. Selain menyediakan BDPJN, LAPAN juga memiliki SPBN dan SPBP untuk 26 provinsi Indonesia dengan memberikan informasi kondisi dan potensi pada masing-masing daerah.
Dalam pidatonya Menteri Bappenas menyampaikan antisipasi menggunakan citra satelit melalui pendekatan dan kerjasama dengan pemangku kepentingan (stakeholder), serta memastikan tidak tumpang tindih dengan K/L yang memiliki otoritas terhadap beberapa hal tersebut. Data lebih punya makna apabila berada pada pihak pengguna yang bisa melakukan analisis dengan data tersebut, khususnya untuk mendukung SDG, selain itu LAPAN harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi.
Kepala LAPAN menanggapi paparan Menteri Bappenas dengan upaya LAPAN untuk menjadi SDG center, yaitu memanfaatkan data citra sebagai penopang pembangunan nasional. Kepala LAPAN berharap pada 5 (lima) tahun yang akan dating LAPAN mampu memberi dorongan dalam berbagai sektor untuk Indonesia yang maju dan mandiri.
Para peserta sangat antusias dalam menanggapi paparan yang disampaikan oleh pihak Planet. Peserta menyampaikan beberapa pertanyaan dan pernyataan tentang pentingnya informasi dari citra satelit bagi tugas dan fungsi instansi tempat mereka bekerja. Para peserta berharap  ada sebuah kebijakan yang diambil pemerintah melalui LAPAN untuk mendukung pemanfaatan citra satelit di Indonesia jika terjadi kerjasama LAPAN dengan Planet. Pihak Planet pun berkomitmen untuk berusaha memenuhi kebutuhan user di Indonesia.
Diakhir acara Kepala LAPAN memberikan kesimpulan hasil workshop, yaitu:
1.    Planet akan menyediakan data satelit dengan frekuensi revisit yang lebih tinggi dan citra satelit bebas awan yang dapat digunakan untuk monitoring.
2.    LAPAN akan menindaklanjuti kegiatan workshop ini dengan melakukan diskusi lanjutan dengan Planet untuk menjawab tantangan tujuan SDGs dari Menteri Bappenas.
3.    LAPAN akan  berusaha merealisasikan kerjasama dengan Planet dengan mempertimbangkan anggaran yang ada.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL