Bidang Kompetensi

Berita



KUNJUNGAN MTS YASI KRONGGEN BRATI PURWODADI KE PUSTEKDATA LAPAN
Penulis Berita : Bambang Haryanto, S.E. ; Editor: Drs. Ngadino • Fotografer : Mulyadi • 15 Mar 2019 • Dibaca : 5677 x ,

DE–INDERAJA| Jakarta, Kamis 14 Maret 2019, Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) menerima kunjungan siswa/siswi  kelas  VIII Madrasah  Tsanawiyah  Yasi Kronggen Brati, Grobogan, Jawa Tengah, dalam rangka  Outdoor Learning ke LAPAN  sebanyak 90 siswa/siswi didampingi  Ketua Yayasan MTs Yasi Kronggen  Brati  Sa'roni Dimyati, serta 9 guru diantaranya Kepala Sekolah MTs Yasi Kronggen  Brati  H. Adam Rusli, S.Pd., dan para guru pembimbing yaitu Saemuri, S.Ag., Tuing Muhandis, S.Pd.,  Eko Henry Setiawan, S.Pd., Eny Siswanti, S.Pd., Kunthi Retnaningsih, S.Pd., Tri Purna Irawan, S.Pd., Tri Risma, S.Pd., Setiadi R, S.Pd.. Kunjungan tersebut diterima oleh Kasubbag. Administrasi Pustekdata Mohammad Soleh, S.Si., M.Eng., Narasumber  Peneliti Pustekdata Ogi Gumelar, S.Si., M.Eng. di Gedung Indriya Bhuwana Pustekdata LAPAN. 
Sambutan Kepala Sekolah MTs Yasi Kronggen  Brati   H. Adam Rusli ,S.Pd.  menyampaikan rasa terima kasih atas diterimanya kunjungan siswa/siswi  kelas  VIII Madrasyah  Tsanawiyah  Yasi dan beliau mengatakan bahwa anak-anak didiknya mencetak sejarah karena baru pertama kali mengunjungi Pustekdata LAPAN yang selama ini tidak terpikirkan.  Adapun maksud dan tujuan kunjungan ini adalah membuka cakrawala dan menambah wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi keantariksaan khususnya yang dimiliki oleh LAPAN.
Sambutan dari Pustekdata – LAPAN oleh Kasubbag. Administrasi Pustekdata Mohammad Soleh, S.T., M.Eng.  menyampaikan  rasa terima kasih telah berkenan berkunjung ke LAPAN khususnya ke Pustekdata. Beliau berharap kunjungan ini dapat memberikan pengetahuan lebih dini kepada siswa/siswi MTs Yasi Kronggen  Brati   tentang penginderaan jauh dan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. LAPAN memberikan kenang-kenangan berupa Citra Satelit Pleiades daerah sekitar Sekolah MTs Yasi Kronggen  Brati, Grobokan, Jawa Tengah.  
Narasumber Ogi Gumelar, S.Si., M.Eng  memaparkan tentang Struktur Organisasi, Tugas Pokok dan Fungsi LAPAN, Sistem Penerimaan, Pengolahan dan Pengelolaan Data Satelit Penginderaan Jauh di LAPAN. Dijelaskan pula tugas yang diemban oleh Deputi Bidang Penginderaan Jauh berdasarkan Instruksi Presiden Republik Indonesia No. 6 Tahun 2012 tentang Penyediaan, penggunaan, pengendalian kualitas, pengolahan dan distribusi data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi dan Undang-Undang No. 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan. Beliau memaparkan juga mengenai fasilitas yang dimiliki LAPAN diantaranya stasiun bumi penginderaan jauh yang berada di Parepare, Sulawesi Selatan, di Rumpin Bogor dan Pekayon Jakarta yang merekam data resolusi rendah seperti citra Terra, Aqua, S-NPP, Himawari, MTSAT, NOAA, dan METOP, data resolusi menengah seperti citra Landsat-8, dan data resolusi tinggi seperti citra SPOT-6/7 dan data resolusi sangat tinggi seperti citra Pleiades, Geoeye, QuickBird, Worldview  dan data Radar seperti citra TerraSAR-X dan Tanden-X.  Acara ditutup setelah  sesi tanya jawab.

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2020 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL