Bidang Kompetensi

Berita



Monitoring dan Evaluasi Pustekdata LAPAN sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI)
Penulis Berita : Ngadino • Fotografer : Tim Humas Pustekdata • 13 Nov 2018 • Dibaca : 153 x ,

DE – INDERAJA |  Jakarta, Senin 12 November 2018, di Gedung Indriya Bhuwana, Pusat Teknologi dan Data penginderaan Jauh (Pustekdata) menyelenggarakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pusat Unggulan Iptek (PUI) dengan mengundang Tim Pelaksana PUI Kemenristekdikti dari Direktorat Lembaga Litbang Pemerintah Pusat yang diwakili oleh Kasubdit Lembaga Penelitian dan Pengembangan (Lemlitbang) Pemerintah Pusat, Yudho Baskoro Muriadi, S.Sos., M.Si., MPP., didampingi Kasie Lemlitbang LPK Edita Diah Triana Dewi, S.E. serta Tim Pakar Prof. Dr. Ir. Dewayani Sutrisno, M.App.sc dari Badan Informasi Geospasial (BIG). Acara diikuti Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh LAPAN, Ir. Dedi Irawadi bersama jajaran struktural di lingkungan Pustekdata serta seluruh peneliti dan perekayasa Pustekdata.
Pada kesempatan tersebut dipresentasikan tentang PUI oleh narasumber dari Kemenristek Dikti, Yudho Baskoro Muriadi, S.Sos., M.Si., MPP. Salah satu hal yang disampaikan adalah pada tahun 2017 Pustekdata LAPAN telah mengikuti seleksi PUI yang diselenggarakan oleh Direktorat Lembaga Litbang Pemerintah Pusat dibawah naungan Kemenristekdikti. Hingga saat ini ada 106 instansi pemerintah yang masuk anggota PUI dimana 46 instansi telah masuk kategori penetapan, 56 instansi kategori pembinaan dan 4 instansi non aktif. Dari 46 instansi yang masuk kategori penetapan, 11 instansi ditetapkan pada saat tahapan seleksi, salah satu diantaranya adalah Pustekdata karena telah memenuhi kategori PUI dengan skor di atas skor minimal 850, dimana skor tertinggi yang ditetapkan Tim  Penilai adalah 1000. Sedangkan yang 18 instansi ditetapkan setelah masuk tahap pembinaan tahun I, 12 instansi ditetapkan setelah pembinaan tahun II dan 5 instansi ditetapkan setelah pembinaan tahun III.
Pada kesempatan selanjutnya, Tim Pakar dari BIG, Prof. Dr. Ir. Dewayani Sutrisno, M.App.sc menyampaikan tentang penggunaan data SAR, dimana beliau mengharapkan agar data SAR bisa lebih optimal lagi penggunaannya dalam berbagai bidang karena memiliki kelebihan dibanding data optis yaitu bebas awan. Disamping itu beliau mengharapkan agar produk Pustekdata memenuhi Standar Nasinonal Indonesia (SNI) dan masyarakat diberi kemudahan untuk akses data secara online.
Sesi presentasi selanjutnya adalah Kepala Pustekdata LAPAN, Ir. Dedi Irawadi yang mempresentasikan capaian Pustekdata 2018 diantaranya Keynote Speaker pada The Asian Conference on Remote Sensing (ACRS) 15 – 19 Oktober 2018, Keynote Speaker in International Conference of Indonesian Society for Remote Sensing (ICOIRS 2018) 30 – 31 Oktober 2018, Proses Resertifikasi Manajemen Mutu ISO 9001:2015, Audit Surveillance ISO 27001 oleh TUV NORD, Persiapan Sertifikasi KNAPPP, OSAT Stasiun Bumi dan kemampuan akuisisi CSRST dan SAR Balai Penginderaan Jauh LAPAN Parepare, Akreditasi Jurnal Inderaja, The 6th Asean Workshop On Ground Station Experts Exchange, Malaysia 2018, Direct Receiving Stations (DRS) Meeting 2018, 23 – 25 Oktober 2018, Nusa Dua Bali, Seminar Nasional Penginderaan Jauh di Depok 31 Juli 2018, Focus Group Discussion 11 Oktober 2018 di Bogor, Pengembangan Sistem Penyediaan dAta yang Cepat Mudah Aman dan Populer (SPACeMAP), Uji terbang sensor Dual Kamera Udara dengan LSA, Pengembangan Sistem Pelayanan Prima untuk user data penginderaan jauh, Kerjasama Dalam Negeri, Kerjasama Luar Negeri. Disamping itu disampaikan pula bahwa Pustekdata juga memperoleh penghargaan Adhyasta Bhumi Award dari Masyarakat Penginderaan Jauh (MAPIN) sebagai lembaga yang telah mampu memenuhi kebutuhan pengguna nasional penyedia data penginderaan jauh untuk pembangunan nasional dan pengembangan riset dan iptek nasional pada tanggal 30 – 31 Oktober 2018 di Makassar, Sulawesi Selatan. Acara ini selesai dan ditutup dengan foto bersama dari seluruh peserta yang hadir.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2018 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL