Bidang Kompetensi

Berita



Bimbingan Teknis Dasar Pengolahan Dan Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh Untuk Pemetaan Wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi
Penulis Berita : Tim Humas Pustekdata • Fotografer : Tim Humas Pustekdata • 30 Oct 2018 • Dibaca : 414 x ,

DE – INDERAJA |  Jakarta, Senin 29 Oktober 2018, Dilaksanakan Bimbingan Teknis Dasar yang merupakan kerjasama dengan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi dengan tema “ Pengolahan dan Pemanfaatan  Data Penginderaan Jauh untuk Pemetaan Wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi. Bimtek dilaksanakan  selama lima hari dari tanggal 29 Oktober sampai 2 November 2018 di Pustekdata LAPAN yang di ikuti 7 orang  peserta 5 peserta dari Disbunak dan 2 peserta dari  Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu  Satu Pintu (DPMPTSP). Turut mendampingi peserta dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat Kabid Penyelenggaraan dan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan, Nanik Sulastri, ST., M.Si, Administrator Kabid Prasarana dan Sarana Betrinus, SP, dan Pengawas Kasi Pembiayaan dan Investasi, Budi Yuswono.
Bimtek dibuka Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh Ir. Dedi Irawadi di dampingi Kabid. Diseminasi Pustekdata Ir. Rubini Jusuf, M.Si, dan Kabid. Diseminasi Pusfatja M. Priyatna, S.Si., MT serta para Narasumer, instruktur/Pengajar dari lingkungan Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN. Dalam sambutan pembukaannya Kapustekdata menyampaikan terima kasih kepada pemerintahan Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang memberikan kepercayaanya kepada LAPAN khususnya di Deputi Bidang Penginderaan Jauh untuk memberikan bimtek dasar guna meningkatkan sumber daya manusia dalam pengolahan dan pemanfaatan  data penginderaan jauh untuk pemetaan di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Semoga selama lima hari dapat memanfaatkan waktunya untuk mengenal cara pengolahan dan pemanfaatan data penginderaan jauh.
Sambutan dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat disampaikan oleh Betrinus, SP Administrator Kabid Prasarana dan Sarana, berharap hasil bimtek ini dapat memberikan informasi dan pencerahan baru untuk pemetaan wilayah di Kabupaten Tanjung Jabung Barat  pada Dinas Perkebunan dan Peternakan khususnya di Perkebunan Kelapa Sawit.
Materi dalam bimbingan teknis antara lain Pengenalan Sistem Akuisisi, Pengolahan, dan Manajemen Data di LAPAN, disampaikan oleh Kapustekdata,  Ir. Dedi Irawadi, dan Pengenalan Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh dan Layanan Informasi LAPAN disampaikan oleh Kabid. Diseminasi Pusfatja M. Priyatna, S.Si., MT. Selain itu, beberapa materi lainnya Pengenalan Konsep Dasar Penginderaan Jauh oleh Ir. Rubini Jusuf, M.Si., Pengenalan Koreksi Data Citra Digital oleh Sukentyas Estuti Siwi, S.Si., M.Si, Pengenalan Interpretasi Citra Digital oleh Ahmad Sutanto, S.S.i., M.Kom., dan Pengenalan System Informasi Geografis  oleh Fajar Yuloanto, M.Si.
Dalam bimbingan teknis ini juga diberikan praktikum pengolahan citra satelit landsat 8 (koreksi radiometrik dan pansharpen), praktikum menampilkan citra dan pembuatan citra komposit, survey lapangan, digitasi/deliniasi objek penutup lahan, perhitungan luas area tutupan lahan, layout peta tutupan lahan, dan diakhiri dengan presentasi  kelompok dari masing masing peserta. Adapun instruktur  pada bimbingan teknis ini adalah Ogi Gumelar, S.Si., M.Eng, Viradhea Gita Rista Laksawana, ST

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL