Bidang Kompetensi

Berita



Keikursertaan LAPAN dalam Asian Conference on Remote Sensing (ACRS) 2018
Penulis Berita : Kustiyo • Fotografer : Kustiyo • 22 Oct 2018 • Dibaca : 2069 x ,

DE-INDERAJA |  Asian Conference on Remote Sensing (ACRS)  ke 39 tahun 2018 dilaksanakan dari tanggal 15 – 19 Oktober 2018 di Renaisance Hotel Kuala Lumpur Malaysia dengan tema “Penginderaan jauh Untuk Mengentaskan Kemiskinan” (Remote Sensing Enabling Prosperity). Konferensi ini merupakan konferensi tahunan se Asia yang membahas tentang teknologi dan pemanfaatan penginderaan jauh terkini di wilayah Asia. Tidak kurang dari 35 negara di Asia hadir sebagai peserta, pembicara, ataupun sebagai pemandu pameran. Konferensi ini merupakan ajang tukar menukar pengalaman dan pengetahuan dalam bidang penginderaan jauh bagi para peneleti, akademisi dan para praktisi penginderaan jauh di Asia.
Berbarengan dengan ACRS 2018, juga diadakan Asean Ground Station Expert Group Workshop ke-6  yang diikuti oleh 6 negara Asean yaitu Indonesia, Malaysia, Philipina, Vietnam, Thailand dan Singapura. Beberapa negara di Asean telah mengembangkan satelit sendiri yaitu Indonesia, Malaysia, Philipina, Vietnam dan Thailand. Dalam workshop ini setiap negara menyampaikan pengalaman dalam melakukan penerimaan dan pengolahan data terutama untuk satelit yang dipunyai. Kerjasama dalam teknologi penerimaan dan pengolahan perlu dilakukan antara negara Asean karena masing masing negara mempunyai kepentingan yang sama dalam penyediaan data peginderaan jauh yang bebas awan.
Pada konferensi ini, Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN diundang sebagai Planary Speaker untuk menyampaikan tema penginderaan jauh bagi kemanusiaan dengan judul  “Earth Observation Data and Products for Supporting Disaster Management and Preparedness Activities in Indonesia” . Pada kesempatan ini Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN Dr. Orbita Roswintiarti menyampaikan peran serta LAPAN dalam mendukung penyediaan data penginderaan jauh dan analisanya pada peristiwa gempa bumi di Lombak, serta gempa bumi dan tsunami di Palu.  LAPAN sebagai Lembaga negara yang diberi wewenang dalam pengelolaan data penginderaan jauh di Indonesia akan senantiasa melakukan pengembangan sistem penerimaan, metodologi pengolahan dan pemanfaatan data penginderaan jauh di Indonesia.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL