Bidang Kompetensi

Berita



Kunjungan Kerja Kabupaten Wajo dan Anggota DPR RI Komisi VII
Penulis Berita : Tim Humas Pustekdata • Fotografer : Tim Humas Pustekdata • 12 Oct 2018 • Dibaca : 11562 x ,

DE – INDERAJA | Jakarta, Selasa 09 Oktober 2018 Deputi Bidang Penginderaan Jauh menerima kunjungan kerja Kabupaten Wajo dan DPR RI Komisi VII. Kunjungan diikuti oleh 34 peserta dari pemerintahan kabupaten Wajo dan  DPR RI Komisi VII. Tamu kunjungan disambut oleh Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN serta  para struktural di Lingkungan Deputi Bidang Penginderaan Jauh.

Deputi Bidang Penginderaan Jauh Dr. Orbita Roswintiarti, M.Sc dalam sambutan pembukaannya menyampaikan,  LAPAN khususnya penginderaan jauh mengakuisisi data di 3 stasiun bumi antara lain stasiun bumi Parepape di Provinsi Sulawesi Selatan, stasiun bumi Pekayon di Jakarta dan stasiun bumi Rumpin di Bogor. Data citra satelit yang dimiliki LAPAN, mulai dari data resolusi rendah seperti citra Terra, Aqua, S-NPP, Himawari, MTSAT, NOAA dan METOP, data resolusi menengah seperti citra Landsat-7/8, data resolusi Tinggi seperti citra SPOT-6/7 data resolusi sangat tinggi seperti citra Pleiades, Geoeye, QuickBird, Worldview  dan data Radar seperti citra TerraSAR-X dan Tandem-X. Selain itu pula selama 4 tahun terakhir juga sudah melaksanakan bimbingan teknis dan kerjasama di 34 provinsi di Indonesia.

Sambutan dari DPR RI Komisi VII Dr. Ir. Hj. Andi  Yuliani Paris, M.Sc menyampaikan, pentingnya data penginderaan jauh sebagai dasar perencanaan  pembangunan untuk berbagai kementerian/Lembaga dan Pemerintah  Daerah Indonesia. Dengan demikian kami dari komisi VII memprioritaskan dalam dukungan anggaran.

Asisten I Sekda kabupaten Wajo Ir. Andi Maddukkelling Oddang, M.Si menyampaikan dalam sambutannya terima kasih kepada DPR RI Komisi VII  yang telah memfasilitasi sehingga bisa datang ke LAPAN. Semoga dengan kunjungan kerja ini LAPAN dengan  Kabupaten Wajo bisa menjalin kerjasama dalam penyediaan data citra satelit penginderaan jauh untuk mendukung pembangunan pemerintah daerah Kabupaten Wajo serta meningkatkan sumberdaya manusia di bidang pengolahan data penginderaan jauh.

Dalam kunjungan kerja ini, Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan  Jauh Ir. Dedi Irawadi memberikan paparan mengenai Penyediaan dan pemanfaatan data penginderaan jauh untuk mendukung perencanaan pembangunan daerah. Data yang dimiliki LAPAN dapat dimanfaatkan  antara lain untuk pemantauan sumber daya alam dan lingkungan, Kepentingan strategis, pertahanan dan Keamanan, Kemaritiman, Kewilayahan dan Kebencanaan. Dengan demikian, perencanaan pembangunan Kabupaten Wajo dapat memanfaatkan penginderaan jauh sesuai dengan kebutuhan. Acara diakhiri dengan kunjungan fasiltas di Pusat Teknologi dan Data Penginderaan jauh dan Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh.



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2021 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL