Bidang Kompetensi

Berita



Sosialisasi dan Bimtek KNAPPP ( Komite Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembang)
Penulis Berita : Tim Humas Pustekdata • Fotografer : Tim Humas Pustekdata • 10 Oct 2018 • Dibaca : 83 x ,

DE – INDERAJA | Jakarta, Senin, 08 Oktober 2018, Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh menyelenggarakan Sosialisasi dan Bimtek  Komite Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembang (KNAPPP) dengan narasumber dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).  Acara diikuti 46 peserta yang terdiri dari struktural dan pejabat fungsional di Pustekdata. Sosialisasi dan Bimtek  di laksanakan selama 2 hari dari tanggal 08 s/d 09 Oktober 2018.
Acara dibuka dengan sambutan dari Kapustekdata Ir. Dedi Irawadi. Dalam Sambutannya  disampaikan bahwa sosialisasi dan bimtek ini  bertujuan untuk membangun, bagi para peneliti dan perekayasa. Dalam kesempatan ini KNAPPP akan memberikan insentif kepada para peneliti dan perekayasa jika mengikuti kaidah kaidah yang ada di KNAPPP, selamat mengikuti sosialisasi dan bimtek ini dengan baik.
Narasumber Asep Purnama Adiwikasa  menyampaikan bahwa KNAPP merupakan Tim Kerja dalam lingkungan Kementerian Negara Ristek dan Teknologi, diketuai secara ex-officio oleh Menteri Negara Riset dan Teknologi. Keberadaan KNAPPP ditetapkan melalui keputusan Menteri Negara Riset dan Teknologi No. 91/M/Kp/XII/2001. KNAPP memiliki tugas dan fungsi: (1) Memberikan akreditasi kepada pranata litbang yang mengajukan permohonan akreditasi; (2) Melakukan kegiatan pemantauan secara berkala terhadap kinerja semua pranata litbang yang sudah diakreditasi, dan (3) Melakukan pemeringkatan terhadap semua pranata litbang yang sudah diakreditasi. Akreditasi KNAPPP sangat penting artinya bagi Lembaga Litbang karena merupakan: (1) Sarana untuk mengukur kinerja, (2) Kebanggaan bagi yang memiliki Akreditasi, (3) Jembatan bagi Management dan Peneliti, (4) Memperoleh pengakuan akan kemampuan, dan (5) Nilai positif bagi sistem insentif RISTEK (sebagai sarana bargain untuk anggaran). Bagi masyarakat, akreditasi KNAPP penting karena memudahkan untuk mengenali kualitas pranata litbang dan memudahkan industri untuk memilih pranata litbang yang sesuai dengan rencana pengembangan produknya.
Narasumber Asep Purnama  Adiwikasa dan Ok Sofyan dalam 2 hari Sosialisasi dan Bimtek ini memberikan materi mengenai Sistem Akreditasi KNAPP, Pedoman KNAPP 02:2017, Pedoman KNAPPP 03 : 2017, Dokumen Mutu, Penyusunan PM, PR, IK, FR dan Pengenalan Audit Internal untuk Calon Auditor Internal.

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2018 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL