Bidang Kompetensi

Berita



Dukungan LAPAN dalam Simposium Nasional Penginderaan Jauh 2018 Institut Teknologi Sumatera
Penulis Berita : Inggit • Fotografer : Inggit • 31 Aug 2018 • Dibaca : 7206 x ,

DE - INDERAJA |  Deputi Bidang Penginderaan Jauh, Dr. Orbita Roswintiarti, M. Sc., menghadiri undangan Simposium Nasional Penginderaan Jauh 2018 dengan tema “Utilisasi Teknologi Sensor dan Teknologi Maju Lainnya dalam Bidang Penginderaan Jauh dan Informasi Geospasial dalam rangka Menuju Kemandirian Teknologi” yang di selenggarakan oleh Institut Teknologi Sumatera (ITERA) pada tanggal 30 Agustus 2018 yang berlokasi di Gedung Pertemuan ITERA, Provinsi Lampung. Acara di buka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik ITERA, Prof. Dr. ing-Mitra Djamal. Acara seminar ini menghadirkan 4 pembicara kunci, yaitu Dr. Orbita Roswintiarti. M. Sc. (LAPAN), Prof. Dr. Hartono, DEA, DESS (UGM), Prof. Dr. Ing. Mitra Djamal (ITERA), dan Ridwan Sahadi, S. Si. (Bappeda Provinsi Lampung). Simposium dihadiri oleh para akademisi dan praktisi, antara lain Dr.Ir. Bambang Edhi Leksono S. M.Sc. dari Institut Teknologi Bandung, perwakilan dari Pemerintah Daerah Provinsi Lampung (Bappeda, Dinas PU Cipta Karya, Dinas BPN, dan BPSDLP), Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Lampung, Universitas dari Langsa Aceh, Surakarta, Kalimantan Utara, serta sekitar 140 mahasiswa ITERA termasuk dari jurusan teknik Geomatika. Tujuan dari simposium ini adalah untuk mengenalkan kepada masyarakat mengenai perkembangan teknologi sensor dan teknologi lainnya yang berhubungan dengan bidang penginderaan jauh dan informasi geospasial; mempertemukan tenaga ahli penginderaan jauh, instansi terkait dan masyarakat umum untuk menghasilkan kesepakatan dan rekomendasi terhadap isu-isu yang berkembang; dan memberikan wawasan lainnya kepada peserta simposium.

Dalam paparannya, Deputi Bidang Penginderaan Jauh - LAPAN menyampaikan berbagai pemanfaatan data penginderaan jauh antara lain untuk sektor pertanian, perkebunan, kehutanan, pertambangan, kewilayahan, perikanan dan kelautan, kebencanaan. Selanjutnya disampaikan aturan penyelenggaraan penginderaan jauh dalam  UU No. 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan serta PP No. 11 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Kegiatan Penginderaan Jauh. Peran penginderaan jauh di LAPAN meliputi penyediaan data dan informasi penginderaan jauh; penyediaan metode, pedoman, dan peraturan; serta peningkatan kapasitas SDM melalui pelatihan dan kerja sama. Lebih khusus, peran LAPAN dengan perguruan tinggi mencakup penelitian dan pengembangan perolehan, pengolahan, dan pengelolaan data penginderaan jauh; pemanfaatan data (aplikasi) penginderaan jauh; pembimbingan bersama mahasiswa; pertukaran data dan informasi; publikasi hasil penelitian bersama; pemanfaatan tenaga ahli; pelaksanaan pertemuan ilmiah; dan pemanfaatan bersama sarana dan prasarana penelitian.

Dalam simposium ini, ITERA mengenalkan Pusat Penelitian Penginderaan Jauh dan Informasi Geospasial (PPPJIG) dan program studi yang ada.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2022 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL