Bidang Kompetensi

Berita



Bimbingan Teknis Dasar Pengolahan Dan Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh Untuk Mendukung Kegiatan Intelijen DISPAMSAN AU
Penulis Berita : Fadila M • Fotografer : Tim • 07 Aug 2018 • Dibaca : 150 x ,

DE  - INDERAJA | Deputi Penginderaan Jauh bekerjasama dengan Dinas Pengamanan dan Persandian Angkatan Udara (Dispamsanau) mengadakan Bimbingan Teknis pengolahan dan pemanfaatan data penginderaan jauh untuk mendukung kegiatan intelijen yang dilaksanakan selama 5 hari kerja mulai tanggal 7 – 13 Agustus 2018 di Dispamsanau Mabesau Cilangkap. Kegiatan ini merupakan bagian dari MoU antara LAPAN dan TNI AU yang dimulai sejak tahun 2014. Tujuan dari kegiatan Bimtek adalah untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan, kemampuan dan keterampilan personel intelijen TNI AU dalam melakukan pengolahan dan pemanfaatan citra satelit/data penginderaan jauh sebagai bahan intelijen.

Pada acara pembukaan Bimtek, Kadispamsanau Marsma TNI Andi Kustoro dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sesdispamsanau Kolonel Lek Anton Marpaung mengatakan, kemajuan teknologi yang diiringi kemudahan terhadap akses informasi dan data merupakan bagian terpenting dalam proses analisa bagi kepentingan intelijen. Lebih lanjut Kadispamsanau menyampaikan, penyediaan bahan intelijen diperlukan untuk mendukung operasi intelijen, operasi tempur, operasi teritorial, maupun operasi militer selain perang, berupa gambar, angka, grafis, keterangan rinci dan perhitungan yang bernilai tinggi. “Setelah melalui proses analisis, bahan keterangan intelijen dapat digunakan untuk mendukung operasi, diantaranya penentuan target sasaran operasi, pengamatan keadaan wilayah, identifikasi kekuatan peralatan dan persenjataan lawan serta keadaan fasilitas militer lainnya,” jelas Kadispamsanau (sumber: Dispamsanau).

Deputi Penginderaan Jauh Dr. Orbita Roswintiarti dalam sambutannya menjelaskan mengenai kemampuan LAPAN sebagai penyedia data penginderaan jauh nasional mulai dari data resolusi spasial rendah, menengah, tinggi sampai dengan sangat tinggi melalui stasiun bumi LAPAN di Parepare Sulawesi Selatan. Data-data tersebut antara lain data Himawari-8, Landsat-8, SPOT-6/7 dan Pleiades yang dapat dimanfaatkan untuk pemantauan lingkungan dan cuaca, sumberdaya alam, kebencanaan serta kepentingan strategis/intelijen. Disamping sebagai penyedia data penginderaan jauh nasional LAPAN juga berkewajiban mengadakan sosialisasi dan bimbingan teknis untuk meningkatkan kapasitas SDM dalam melakukan pengolahan dan pemanfaatan data penginderaan jauh. Di akhir sambutannya Deputi penginderaan jauh mengharapkan adanya kesesuaian antara kebutuhan Dispamsanau dengan LAPAN sebagai penyedia data dan informasi di bidang penginderaan jauh khususnya untuk kepentingan intelijen sehingga kerjasama antara kedua belah pihak dapat berjalan optimal, bermanfaat dan mendapatkan berkah.

Acara pembukaan diisi dengan paparan dari Kepala Pusat Teknologi dan Data penginderaan Jauh Ir. Dedi Irawadi mengenai peran LAPAN dalam menyediakan data penginderaan jauh nasional dan dilanjutkan dengan paparan dari Kepala Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh Dr. Rokhis Komarudin mengenai pemanfaatan data penginderaan jauh dalam mendukung kepentingan nasional khususnya pada sektor strategis. Hadir pada acara pembukaan Bimtek antara lain para pejabat di lingkungan Dispamsanau, narasumber dan instruktur dari LAPAN serta para peserta Bimtek.

Materi bimbingan teknis diberikan oleh para Narasumber dari lingkungan Deputi Bidang Penginderaan Jauh antara lain:  Fadila Muchsin S.T., M.Si. (Pengenalan Penginderaan Jauh: Konsep dan Karakteristik Data), Sukentyas Estuti Siwi, M.Si. (Pengenalan Pengolahan Data Penginderaan Jauh), Dra. Tatik Kartika, M.Si. (Pengenalan Interpretasi Citra Digital),  Atriyon Julzarika, S.T., M.Eng. (Pengenalan Sistem Informasi Geografis). Dalam bimbingan teknis ini juga diberikan praktikum pengolahan dan interpretasi citra satelit, penggunaan GPS serta layout peta yang disampaikan oleh Dwi Nurcahyo Ari Putro, A.Md dan Purbo Alam Prakoso, A.Md.





Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2018 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL