Bidang Kompetensi

Berita



Universitas Pendidikan Indonesia Bandung Studi Lapangan Pemetaan dan Informasi Geografis di LAPAN Pekayon
Penulis Berita : Humas • Fotografer : Humas • 08 May 2018 • Dibaca : 92 x ,

DE - INDERAJA |  Jakarta, Senin 7 Mei 2018, Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh - LAPAN menerima kunjungan 75 Mahasiswa terdiri dari 30 orang D3 dan 45 orang Pasca Sarjana dari Universitas Pendidikan Indonesia Program Studi Survei dan Informasi Geografis FPIPS UPI Bandung bersama dengan dua orang dosen pendamping, dengan koordinator Dr. Lilik Sumantri, M.Sc,.  Tamu kunjungan tersebut diterima Kepala Bidang Desiminasi Pustekdata Ir. Rubini Jusuf, M.Si, di Gedung Indriya Bhuwana, Pustekdata.
Sambutan Kabid. Desiminasi Pustekdata Ir. Rubini Jusuf, M.Si menyampaikan terima kasih atas kepercayaan berkunjung di LAPAN khususnya di Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh dengan harapan kunjungan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga menambah wawasan bagi mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Program Studi Survei dan Informasi Geografis FPIPS UPI Bandung tentang pengetahuan penginderaan jauh.
Dari pihak Universitas Pendidikan Indonesia Program Studi Survei dan Informasi Geografis FPIPS UPI Bandung yang diwakili oleh Dr. Lilik Sumantri, M.Sc menyampaikan harapannya bahwa kunjungan Survei Lapangan ini, Univesitas Pendidikan Indonesia Jurusan Geografi dapat melakukan PKL atapun tugas akhir di LAPAN dan juga dapat dilakukan kerjasama dalam peningkatan pengetahuan tentang teknologi dan manfaat penginderaan jauh yang di miliki oelh LAPAN.
Acara dilanjutkan dengan presentasi dari Mulia Indah Rahayu, ST narasumber  peneliti dari Pustekdata menyampaikan pemaparannya tentang Pengenalan Sistem Akusisi, Pengolahan, dan Manajemen Data di LAPAN antara lain struktur organisasi, tugas dan fungsi, stasiun bumi menerimaan dan perekaman dan penyimpanan sampai dengan pendistribusian data citra penginderaan jauh dari reslusi rendah, resolusi menengah, dan resolusi tinggi bahkan resolusi sangat tinggi di distribusikan kepada kementerian/ Lembaga, Pemerintah Daerah, TNI/POLRI dan Perguruan Tinggi. Di lanjutkan Udhi Catur Nugroho, ST narasumber dari peneliti Pusfatja menyampaikan tentang pemanfaatan data penginderaan jauh, data citra satelit penginderaan jauh dapat dimanfaatkan informasinya antara lain sumber daya alam dan lingkungan, kebencanaan, kepentingan strategis lainnya, perubahan iklim, pertahanan dan keamanan, dan peta dasar. Acara  di akhiri kunjungan fasilitas Pustekdata antar lain kunjungan di Stasiun Bumi  dipandu oleh Sugiyanto, S.Kom dan di fasilitas showroom dan ruang pelayanan dipandu oleh Yosron, S. Kom


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2018 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL