Field of Competence

News

11-08-2018


08-08-2018


07-08-2018


06-08-2018





Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Penyediaam Data dan Pemanfaatan Penginderaan Jauh untuk Mendukung Perencanaan Pembangunan Prov. Sulawesi Tengah
News Writter : • Photographers : • 25 Apr 2018 • Read : 306 x ,

Deputi Bidang Penginderaan Jauh mengadakan kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis penyediaan dan pemanfaatan penginderaan jauh untuk mendukung perencanaan pembangunan di Palu, Provinsi Sulawesi Tengah pada tanggal 24-25 April 2018. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan deputi bidang penginderaan jauh sejak tahun 2015, dan Sulawesi Tengah merupakan provinsi yang ke-33. Kegiatan dibuka oleh Kepala Bappeda Prov. Sulawesi Tengah, Prof. Dr.rer.pol. Patta Tope, SE bersama dengan Deputi Bidang Penginderaan Jauh Dr. Orbita Roswintiarti, M.Sc. dan Kepala Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh, Dr. M. Rokhis Khomarudin, M.Si. Dalam sambutannya Kepala Bappeda menyampaikan terima kasih kepada LAPAN dan berharap kegiatan ini bermanfaat dalam percepatan pembangunan di Prov. Sulteng. Selain itu, updating data spasial sangat membantu dalam perencanaan pembangunan daerah. Selama ini update informasi sangat dirasakan kurang di Provinsi Sulteng. Di akhir acara pembukaan Deinderaja menyerahkan plakat dan citra penginderaan jauh kepada Ka.Bappeda Prov. Sulteng.

Sosialisasi langsung dibawakan oleh Deinderaja yang menyampaikan terkait organisasi LAPAN, definisi dan hal umum terkait penginderaan jauh, ketersediaan data penginderaan jauh dan pemanfaatan2 penginderaan jauh. Selain sosialisasi, Deinderaja mendemontrasikan sistem pemantauan bumi nasional yang nantinya akan dipasang di Bappeda Prov. Sulteng da n diharapkan juga dapat dipasang di kantor Gubernur.

Setelah itu, bimbingan teknis dilakukan satu setengah hari oleh tim gabungan Pusfatja dan Pustekdata yang terdiri dari para tenaga muda inderaja yaitu Benny, Haris, Esthi dan Syifa. Dalam bimtek, diajarkan materi pengantar penginderaan jauh, bagaimana mengakses data dan memanfaatkan data penginderaan jauh. Studi kasus dilakukan di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah. Terlihat sekali antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan ini. Dalam rangkaian kegiatan ini juga dibahas mengenai draft MoU antara LAPAN dan Provinsi Sulawesi Tengah. Peserta sosialisasi hari pertama sebanyal 95 orang dan peserta bimtek sebanyak 48 orang yang terdiri dari SKPD SKPD Pemprov Sulawesi Tengah.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Unit
Research and Development Product
Technology
Scientific Writing
Intellectual Property Rights
Regulation
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Photos
Videos
Download
Download File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2018 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL