Bidang Kompetensi

Berita



Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Penyediaan dan Pemanfaatan Data Satelit Penginderaan Jauh untuk Mendukung Pembangunan Daerah Provinsi Maluku Utara
Penulis Berita : Destri • Fotografer : Destri • 05 Apr 2018 • Dibaca : 491 x ,

DE- INDERAJA| Sosialisasi dan Bimbingan Teknis dengan tema “Penyediaan dan Pemanfaatan Data Satelit Penginderaan Jauh untuk Mendukung Pembangunan Daerah” Provinsi Maluku Utara diadakan di The Batik hotel, Ternate, Maluku Utara. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 2-3 April 2018 ini dibuka oleh Kepala Bappeda Provinsi Maluku Utara, Drs.H.Syamsuddin Banyo,M.Si. dan diikuti oleh 40 peserta dari staf Bappeda dan Satuan Kerja Perangkat Daerah(SKPD) terkait. Pada sambutan pembukaan, Kepala Bappeda Prov.Maluku utara menyampaikan pentingnya pemanfaatan data citra penginderaan jauh untuk pembangunan di Maluku utara, mendukung kemajuan provinsi Maluku utara kearah yang lebih baik lagi. Deputi Bidang Penginderaan Jauh, LAPAN, Dr. Orbita Roswintiarti, M. Sc didampingi Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan jauh LAPAN, Ir. Dedi Irawadi, memberikan cinderamata berupa peta citra satelit Pleiades tanggal 3 februari 2018 wilayah kantor Gubernur Maluku Utara serta peta mosaik data landsat tahun 2017 wilayah provinsi Maluku Utara.
Pada acara sosialisasi Deputi Bidang Penginderaan Jauh, LAPAN, Dr. Orbita Roswintiarti, M. Sc memberikan paparan terkait penyediaan dan pemanfaatan data satelit penginderaan jauh untuk mendukung perencanaan pembangunan Maluku utara, dilanjutkan dengan demo Sistem Pemantauan Bumi Provinsi (SPBP) yang merupakan data dan informasi spasial berbasis data satelit resolusi rendah hingga resolusi tinggi. Pada paparannya, Deputi Bidang Penginderaan Jauh menjelaskan pemantauan perubahan lahan secara multi temporal, pemantauan dibidang perkebunan, pemantaun perubahan hutan dan non hutan, Pemantauan sumber daya ekosistem pesisir dan kelautan, pemantauan lahan tambang dan non tambang, pemantauan terumbu karang berbasis data satelit penginderaan jauh di Provinsi Maluku utara. Selain itu juga dijelaskan ketersediaan data dan informasi yang dapat diberikan bagi Pemerintah Daerah Provinsi Maluku utara. Deputi Bidang Penginderaan Jauh sangat menegaskan bahwa permohonan data penginderaan jauh ke Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh sangat mudah dan memotong segala birokrasi yang menyulitkan, guna mendukung pembangunan di berbagai daerah dengan cepat.
Kegiatan bimbingan teknis pemanfaatan data penginderaan jauh yang dilakukan selama satu setengah hari  dengan materi ajar meliputi informasi penyediaan dan pemanfaatan data penginderaan jauh, pengenalan dasar dan pengolahan data satelit inderaja, browse catalog dan cara perolehan data satelit inderaja di LAPAN, interpretasi visual dan deliniasi objek penutup lahan. Pembimbingan bimtek dari LAPAN disampaikan oleh Fadila Muchsin,S.T.,M.Si Destri Yanti Hutapea, S.T, Sayidah Sulma, S.Si, M.Si, dan Hana Listi Febriani,S.T kepada seluruh peserta dari Bappeda dan SKPD terkait.




Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2018 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL