Bidang Kompetensi

Berita



LAPAN Menyelenggarakan Bimtek Inderaja untuk SDM Pemerintah Kabupaten Poso di Kantor Pustekdata
Penulis Berita : Ngadino • Fotografer : Bamb • 03 Apr 2018 • Dibaca : 166 x ,

DE  - INDERAJA | Kegiatan Bimtek Reguler Pengolahan Data Satelit Penginderaan Jauh (Inderaja) yang setiap tahun diselenggarakan oleh Pusat Teknologi dan Data (Pustekdata) LAPAN, ternyata mendapat respon yang sangat positif dari para stakeholder terkait. Hari ini Senin tanggal 02 April 2018, Pustekdata menyelenggarakan acara Pembukaan Bimtek Gelombang III yang diikuti oleh peserta yang seluruhnya berasal dari ASN Pemerintah Kabupaten Poso. Para peserta tersebut berasal dari gabungan beberapa Organisasi Perangkat Daerah dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Poso dengan jumlah 16 orang, yaitu dari Sekretariat Daerah 3 orang, Dinas Pekerjaan Umum 1 orang, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi 2 orang, Dinas Pendapatan 1 orang, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral 3 orang, Badan Pusat Statistik Kabupaten Poso 2 orang, LPSE Kabupaten Poso 3 orang dan Kantor Kecamatan 3 orang.
Acara dibuka oleh Kepala Bidang Diseminasi Pustekdata mewakili Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN yang sedang berada di luar kota karena menghadiri acara sosialisasi dan kerjasama antara LAPAN dengan Pemerintah Provinsi Maluku Utara. Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan acara perkenalan baik dari LAPAN (panitia dan instruktur) maupun dari peserta bimtek. Dari hasil perkenalan tersebut diketahui bahwa para peserta umumnya belum begitu mengenal tentang penginderaan jauh.
Para instruktur didatangkan dari dua pusat dibawah Kedeputian Inderaja yaitu Pustekdata dan Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh (Pusfatja) LAPAN. Sehubungan dengan seluruh peserta dari Pemerintah Kabupaten Poso, maka tema bimtek kali ini disesuaikan dengan kebutuhan peserta yaitu "Bimbingan Teknis Pengolahan dan Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh untuk Pemetaan Lahan Kabupaten Poso".  Bimtek akan diselenggarakan selama lima hari kerja dari tanggal 2 sampai 6 April 2018 termasuk satu hari untuk kegiatan survei lapangan dengan kurikulum yang mengutamakan praktek pengolahan citra berbasis software opened source. Sistem pengajaran menggunakan metode ceramah dan diskusi kelompok, pada akhir sesi bimtek masing-masing kelompok harus bisa mempresentasikan hasil bimtek yang telah diikuti dan selesai bimtek masing-masing peserta akan diberikan sertifikat dari Pustekdata LAPAN.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2018 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL