Bidang Kompetensi

Berita



Sosialisasi Penginderaan Jauh Untuk Mendukung Perencanaan, Pengendalian, Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Daerah di Kabupaten Bintan
Penulis Berita : Tim Bintan • Fotografer : Tim Bintan • 24 Nov 2017 • Dibaca : 13740 x ,

DE – INDERAJA | Dalam rangka penyelenggaraan informasi geospasial, pemerintah Kabupaten Bintan melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BPPPD) Kabupaten Bintan mengadakan kegiatan Sosialisasi Penginderaan Jauh Tahun Anggaran 2017 bertempat di Ruang Pertemuan Kantor BPPD Kabupaten Bintan Jalan Jenderal A. Yani Km 5 Tanjung Pinang pada tanggal 23 – 24 November 2017. Kegiatan sosialisasi dilakukan sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Bintan untuk meningkatkan pemanfaatan penginderaan jauh bagi aparatur sipil negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bintan untuk memberikan informasi ilmu pengetahuan tentang proses perencanaan, pengendalian hingga proses monitoring dan evaluasi melalui informasi geospasial yang diturunkan dari data penginderaan jauh.
Acara sosialisasi dibuka secara resmi oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan Kabupaten Bintan Drs. H. Ismail, M.Pd mewakili Kepala BPPPD Kabupaten Bintan dan dihadiri oleh pejabat di lingkungan BPPD, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, serta Narasumber dari LAPAN yaitu Kepala Bidang Diseminasi Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata Inderaja), Ir. Rubini Jusuf, M.Si dan Fadila Muchsin S.T., M.Si. selaku Peneliti di Pustekdata Inderaja.
Materi sosialisasi terdiri dari pemahaman dasar dan ruang lingkup penginderaan jauh, dan manfaat penginderaan jauh terapan untuk perencanaan, pengendalian, monitoring dan evaluasi pembangunan daerah. Pemaparan tentang  pemahaman dasar dan ruang lingkup penginderaan jauh disampaikan oleh Kepala Bidang Diseminasi Pustekdata Inderaja LAPAN Ir. Rubini Jusuf, M.Si dan manfaat penginderaan jauh terapan untuk perencanaan, pengendalian, monitoring dan evaluasi pembangunan daerah disampaikan oleh Fadila Muchsin S.T., M.Si. selaku Peneliti di Pustekdata Inderaja. Materi pemahaman dasar dan ruang lingkup penginderaan jauh berisi dasar hukum penyelenggaraan penginderaan jauh di Indonesia yaitu Undang Undang No. 21 tahun 2013 tentang Keantariksaan, Peraturan Presiden No.45 tahun 2017 tentang Rencana Induk Penyelenggaraan Keantariksaan tahun 2016 – 2040 dan Instruksi Presiden No.6 tahun 2012 tentang Penyediaan Data Resolusi Tinggi. Disamping itu, disampaikan juga keunggulan penginderaan jauh berupa pemantauan pada remote area, resolusi spasial dan temporal serta dapat menyajikan informasi secara faktual. Materi pemahaman dasar dan ruang lingkup penginderaan jauh diakhiri dengan akses data dan informasi penginderaan jauh serta kerjasama dengan LAPAN khususnya Deputi Bidang Penginderaan Jauh. Materi tentang pemanfaatan penginderaan jauh berisi pemanfaatan penginderaan jauh untuk perencanaan, pengendalian, monitoring dan evaluasi pembangunan daerah di berbagai bidang diantaranya sumberdaya alam dan lingkungan, pemetaan dasar, kebencanaan, perubahan iklim, pertahanan dan keamanan serta kepentingan strategis. Contoh pemanfaatan penginderaan jauh menggunakan data inderaja resolusi spasial rendah, menengah, tinggi sampai dengan sangat tinggi menggunkaan sistem penginderaan jauh optis dan radar.
Acara pemaparan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab dengan moderator Kepala Bidang Infrastruktur dan Lingkungan Hidup Wan Affandi S.T didampingi Kepala Sub Bidang Infrastruktur dan Perencanaan Wilayah Diana Martin, S.T selaku ketua panitia acara sosialisasi. Beberapa pertanyaan yang dilontarkan peserta sosialiasi terkait dengan akses data dan informasi penginderaan jauh serta kerjasama, pemanfaatan penginderaan jauh pada sektor-sektor penting di Kabupaten Bintan seperti sektor perkebunan, kelautan dan kebencanaan serta peningkatan kapasitas SDM berupa bimbingan teknis pengolahan data peninderaan jauh untuk aparatur sipil negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bintan.
Acara sosialisasi diakhiri dengan pemberian cinderamata berupa Citra Satelit SPOT-6 dan Landsat-8 Kabupaten Bintan Tahun 2017 yang diserahkan oleh Kepala Bidang Diseminasi Pustekdata Inderaja LAPAN Ir. Rubini Jusuf, M.Si. kepada BPPPD Kabupaten Bintan yang diwakili oleh Kepala Bidang Infrastruktur dan Lingkungan Hidup Wan Affandi S.T dan dilanjutkan dengan berfoto bersama.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2022 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL