Bidang Kompetensi

Berita



KUNJUNGAN GURU MGMP GEOGRAFI MADRASAH ALIYAH SE DKI JAKARTA KE LAPAN PEKAYON
Penulis Berita : Humas • Fotografer : Humas • 10 Nov 2017 • Dibaca : 5895 x ,

DE-INDERAJA|   Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional pada Bidang Penginderaan Jauh menerima kunjungan Guru guru MGMP Geografi Madrasah Aliyah se DKI Jakarta dalam rangka pengenalan pengetahuan geografi tentang teknologi penginderaan jauh, tamu kunjungan  31 terdiri dari 25 guru geografi dan 6 siswa MAN 14 Jakarta di dampingi Ratna Indriwati, S.Pd ketua MGMP  Geografis se DKI Jakarta. Tamu kunjungan di terima oleh Kabag. Administrasi Pustekdata D. Heri Yuli Sulyantara, S.Si., M.Sc dan di damping  Narasumber  Drs. Kustiyo, M.Si Peneliti senior dari Pustekdata dan M. Priyatna, S.Si., MTI Kabid Diseminasi Pusfatja, tamu diterima di gedung Indriyana Bhuwana Pustekdata, Kamis, 09 November 2017.
Sambutan dan sekaligus pembukaan, Kabag. Administrasi Pustekdata D. Heri Yuli Sulyantara, S.Si., M.Sc menyampaikan terima kasih atas kunjungan di LAPAN, dan semoga dapat memanfaatkan waktu yang singkat ini dapat  menambah pengetahuan/ ilmu baru tentang  pemanfaatan informasi data citra satelit penginderaan jauh yang di miliki LAPAN.  Dan dilanjutkan sambutan ketua  MGMP Geografi Ratna Indriwati, S.Pd menyampaikan bahwa guru guru geografi khususnya tingkat Madrasah Aliyah se DKI Jakarta sangat berterima kasih atas diterimanya kunjungan ke LAPAN, sebagaimana di Madrasah Aliyah ada kurikulum penginderaan jauh, harapan kami semoga guru guru MGMP geografi se DKI Jakarta dapat bekal atau wawasan ilmu pengetahuan tentang teknologi dan pemanfaatan informasi data satelit penginderaan jauh untuk pembelajaran ilmu geografi.
Narasumber Drs. Kustiyo, M.Si memaparkan Bank Data Penginderaan Jauh Nasional (BDPJN), serta tugas dan fungsi Pustekdata sebagaimana di atur di dalam U.U. 21 Tahun 2013 tentang keantariksaan yang mengatur  penginderaan jauh. penerimaan, pengolahaan, pengelolaan data dan diseminasi informasi penginderaan jauh, Pustekdata mempunyai tiga stasiun Parepare Provinsi Sulawesi Selatan adalah Sistem Penerimaan dan Pengolahan (Terra, Aqua, S-NPP, Landsat-7/8, SPOT-6/7), Rumpin Sistem Penerimaan dan Pengolahan (Terra, Aqua, Landsat-7/8) dan Jakarta Sistem Penerimaan dan Pengolahan (MTSAT, NOAA, METOP). Dan Data Center sebagai penyimpanan data citra satelit penginderaan jauh serta pelayanan data citra satelit penginderaan jauhselanjutnya data tersebut di distribusikan kementerian/Lembaga, TNI/POLRI, Pemerintah dan Daerah dan Institusi Pendidikan.
Narasumber M. Priyatna, S.Si., MTI., Kabid. Diseminasi Pusfatja, memaparkan pengenalan pemanfaatan data satelit penginderaan jauh dan layanan informasi, data yang diterima dan direkam oleh Pustekdata di kaji oleh Pusfatja untuk pemanfaatan dan informasinya antara lain Informasi sumber daya lingkungan,  Informasi Kebencanaan, informasi Peta Dasar,  Informasi Pertahanan dan Keamanan, Informasi perubahan Iklim. Pemanfaatan data penginderaan jauh untuk sumber daya laut dan pesisir sebaran manggrow, ektrasksi suhu permukaan laut, zona penangkapan ikan, Pemanfaatan sumber daya darat antara lain  Deforestasi alam,  tutupan hutan dan perubahanya, identifikasi kebun kelapa sawit, Pemanfaatan tata ruang dan masih banyak lagi pemanfaatan data citra satelit penginderaan jauh sesuai yang dibutuhkan.
Acara di akhiri kunjungan ke fasilitas  stasiun Bumi Jakarta di pandu oleh Sugiyanto, S.S Kom, Showroom dan pelayanan di pandu oleh Drs. Ngadino, dan Data Center di pandu oleh Yayat Hidayat, S.Kom.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2020 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL