Bidang Kompetensi

Berita



Kota Manado Tertarik Ikut Serta Bimbingan Teknis Untuk Mendukung Sektor Pajak
Penulis Berita : Rj • Fotografer : Bamb • 28 Apr 2017 • Dibaca : 7113 x ,

DE – INDERAJA | Bekerja sama dengan Pemerintah Kota Manado, Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN menyelengarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) “Pengolahan dan Pemanfaatan Data Satelit Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis untuk Mendukung Program Pemetaan Obyek Pajak di Kota Manado Tahap-1”. Acara berlangsung selama empat hari kerja, dari tanggal 25 hingga 28 April 2017, bertempat di Kantor LAPAN Pekayon dan diikuti oleh 16 orang peserta yang berasal dari staf Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) Pemerintah Kota Manado. Bimtek ini merupakan salah satu implementasi dari kerjasama antara LAPAN dengan Pemerintah Kota Manado, dimana pada saat kunjungan Wakil Walikota Manado ke kantor LAPAN Pekayon, Deputi Bidang Penginderaan Jauh menyatakan komitmennya untuk membantu Pemkot Manado dibidang penginderaan jauh.
Tujuan dari bimtek ini adalah untuk Mengenalkan teknologi penginderaan jauh dan perangkat lunak untuk pengolahan data satelit penginderaan jauh, serta pengenalan dasar Sistem Informasi Geografis. Selain itu diharapkan pula melalui bimtek ini, para peserta dapat melakukan pengolahan data satelit penginderaan jauh untuk memetakan obyek pajak di Kota Manado. Dalam sambutannya pada pembukaan acara bimtek, Deputi Bidang Penginderaan Jauh menyampaikan peran LAPAN dalam bidang penginderaan jauh, yang meliputi kegiatan penyediaan data, pengolahan data, penyimpanan dan pengarsipan data, distribusi dan diseminasi data dan informasi penginderaan jauh serta pemanfaatan data penginderaan jauh dalam berbagai sektor. Selain itu LAPAN menyelenggarakan pula bimbingan teknis pengolahan data penginderaan jauh kepada para staf teknis pemerintah daerah untuk membangun kemandirian pemerintah daerah dalam pengolahan data penginderaan jauh.
Selama bimbingan teknis, peserta dibimbing oleh peneliti/perekayasa Pustekdata dan Pusfatja LAPAN, diajari bagaimana mengolah citra penginderaan jauh menggunakan perangkat lunak opensource QGIS serta melakukan digitasi dan deliniasi obyek penutup lahan pada sampel area praktikum yang telah ditetapkan. Dari hasil digitasi/deliniasi obyek tersebut, peserta diajarkan bagaimana menghitung luas area lahan hasil digitasi. Selain itu peserta mendapat pelatihan pula bagaimana mengoperasikan perangkat Global Positioning System (GPS), baik menggunakan alat GPSnya langsung maupun menggunakan GPS versi andorid yang dapat diinstall di handphone.
Pada sesi akhir bimtek, para peserta mempresentasikan hasil bimtek selama 4 hari ini. Presentasi dibagi tiga kelompok, yang mempresentasikan hasil praktikum GPS, hasil digitasi/deliniasi dan hasil akhir berupa layout citra. Bimtek tahap-1 ini akan dilanjutkan pada tahap-2 yang rencananya akan diadakan di Kota Manado untuk pembahasan lebih mendalam tentang survei lapangan dan sistem informasi geografis, khususnya dalam pemetaan obyek pajak di Kota Manado.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2020 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL