Bidang Kompetensi

Berita



Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung Berkunjung di LAPAN Pekayon
Penulis Berita : Bambang Haryanto • Fotografer : Mulyadi • 11 Apr 2017 • Dibaca : 14580 x ,

DE-INDERAJA|   Kedeputian Bidang Penginderaan Jauh, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menerima kunjungan mahasiswa UPI Bandung, Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Studi Survey Pemetaan dan Informasi Geografis, yang terdiri dari 29 mahasiswa Pasca Sarjana dan 27 mahasiswa D3. Kunjungan tersebut dalam rangka kegiatan praktikum lapangan dengan didampingi Ketua Program Studi Dr. Lili Somanteri, S.Pd,. M.Si. Tamu kunjungan diterima oleh Kabag. Administrasi Pustekdata D. Heri Yuli Sulyantara, S.Si., M.Sc dan didampingi  Narasumber  Drs. Abdul Asyiri, M.Si., Perekayasa dari Pusat Teknologi dan Data (Pustekdata), dan Suwarsono, S.Si, M.Si. Peneliti Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh (Pusfatja), di gedung Indriyana Bhuwana Pustekdata, Jum’at, 07 April 2017.
Sambutan dan sekaligus pembukaan, Kabag. Administrasi Pustekdata menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan para mahasiswa di LAPAN, dan berharap kunjungan ini dapat  menambah pengetahuan tentang data citra satelit penginderaan jauh dan manfaatnya yang dimiliki LAPAN.  Dalam sambutannya, Ketua  Program Studi Survey Pemetaan dan Informasi Geografis UPI Bandung menyampaikan bahwa penginderaan jauh yang merupakan bagian dari aplikasi Geography Information System (GIS) bisa dikuasai oleh para mahasiswa, dan nantinya bisa diimplementasikan di berbagai sektor pembangunan.
Narasumber Drs. Abdul Asyiri, M.Si memaparkan sistem penerimaan, pengolahan, pengelolaan dan distribusi data penginderaan jauh di Pustekdata, dan menjelaskan beberapa fasilitas perekaman data yang dimiliki Pustekda yaitu Stasiun Bumi Penginderaan Jauh Parepare Provinsi Sulawesi Selatan yang mampu melakukan  Penerimaan Data Satelit Terra, Aqua, S-NPP, Landsat-7/8, SPOT-6/7, Stasiun Bumi di Rumpin untuk Penerimaan data Satelit Terra, Aqua, Landsat-7/8 dan Stasiun Bumi di Pekayon, Jakarta yang digunakan untuk Penerimaan data satelit MTSAT, NOAA, dan METOP. Data-data citra satelit penginderaan jauh tersebut didistribusikan kepada berbagai instansi pengguna yaitu Kementerian/Lembaga, TNI/POLRI, Pemerintah Daerah dan Institusi Pendidikan.
Narasumber Suwarsono, S.Si., M.Si, memaparkan pengenalan contoh-contoh pemanfaatan data satelit penginderaan jauh dan layanan informasi oleh Pusfatja. Data-data yang diterima dan direkam oleh Pustekdata dikaji dan dianalisis oleh Pusfatja sehingga menghasilkan Informasi yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai sektor pembangunan. Beberapa Informasi tersebut antara lain Informasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan,  Informasi Kebencanaan, Informasi Peta Dasar,  Informasi Pertahanan dan Keamanan, Informasi perubahan Iklim, dan berbagai Informasi lainnya.
Setelah acara presentasi dari Narasumber, para mahasiswa melihat beberapa fasilitas yang ada yaitu kunjungan ke fasilitas  stasiun Bumi Jakarta dipandu oleh Sugiyanto, S.Kom., dan Andy Indradjat, M.Eng., fasilitas di Showroom dan Ruang Pelayanan dipandu oleh Drs. Abdul Asyiri, dan fasilitas di Data Center dipandu oleh Yayat Hidayat, S.Kom.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2021 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL