Bidang Kompetensi

Berita



WORKSHOP PENGOLAHAN DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI DAN DATA PENGINDERAAN JAUH DALAM PEMBANGUNAN DI PROVINSI JAWA BARAT
Penulis Berita : Tim Bandung • Fotografer : Tim Bandung • 21 Nov 2016 • Dibaca : 5833 x ,

DE – INDERAJA | Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) LAPAN bekerja sama dengan Bapppeda Provinsi Jawa Barat mengadakan acara Workshop “Pengolahan dan Pemanfaatan Teknologi Data Penginderaan Jauh” pada tanggal 9-11 November 2016 di Hotel Grand Hani Lembang, yang diikuti kurang lebih 30 Peserta dari Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) di Lingkungan Provinsi Jawa Barat. Acara dibuka oleh Kepala UPT Pusat Data dan Analisis Pembangunan (Pusdalisbang) Bappeda Provinsi Jawa Barat, H. E. Agus Ismail, S.Sos, M.Pd dan Kepala Pustekdata Ir. Dedi Irawadi. Dalam pembukaan, Kepala UPT Pusdalisbang menyampaikan perlunya pengetahuan mengenai pengelolaan dan pemanfaatan data citra satelit sebagai sarana monitoring dan pembangunan Provinsi Jawa Barat. Data yang bersumber dari beberapa SKPD  tidak hanya dalam bentuk data tabular, statistic, data sensus melainkan dalam bentuk data spasial berupa peta. Data spasial sangat diperlukan dalam memberikan informasi kepada pengguna dan masyarakat agar mudah dipahami. Ir. Dedi Irawadi selaku Kepala Pustekdata LAPAN menjawab tantangan tersebut dan memastikan bahwa kerjasama LAPAN dan Pemerintah Jawa Barat sudah terjalin dengan baik.

Workshop hari pertama diisi oleh materi pengenalan penginderaan jauh yang dibawakan langsung oleh Kepala Bidang Diseminasi Pustekdata LAPAN Ir. Rubini Jusuf, M.Si. Selain itu pengetahuan akan penelusuran data juga diberikan kepada peserta untuk memudahkan mereka dalam memperoleh informasi tentang ketersediaan data penginderaan jauh yang tersedia di katalog LAPAN. Di akhir acara, disampaikan materi mengenai pengolahan data citra satelit resolusi menengah (Landsat) menggunakan software Quantum GIS.

Hari kedua pelaksanaan workshop diadakan survey lapangan untuk melatih peserta dalam penguasaan alat GPS untuk menentukan titik koordinat dan identifikasi perubahan lahan. Hasil survey lapangan diolah oleh peserta dengan menggunakan software Quantum GIS didampingi oleh instruktur pada sisa waktu pelaksanaan hari tersebut. Sebelum memasuki tahap teknis digitasi, peserta dikenalkan beberapa kunci interpretasi untuk dapat mengenali kenampakan objek pada Citra Satelit Penginderaan Jauh.

Hari terakhir pelaksanaan workshop, yaitu tanggal 11 November 2016 peserta diberi materi mengenai digitasi dan perhitungan luas area. Acara workshop ini ditutup oleh Kepala Seksi Pendataan dan Analisa Pusdalisbang Andhi Purwoko, S.Kom., M.Si, dan berpesan kepada para peserta untuk melanjutkan mengikuti kegiatan workshop lanjutan yang akan diselenggarakan pada tanggal 16-18 November 2016 di Kantor Pusdalisbang. Acara workshop lanjutan nanti merupakan satu rangkaian acara, yang rencananya akan ditutup dengan presentasi hasil pembelajaran peserta workshop.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL