Bidang Kompetensi

Berita



KUNJUNGAN KERJA BAPPEDA KABUPATEN MEMPAWAH PROVINSI KALIMANTAN BARAT KE LAPAN PEKAYON
Penulis Berita : Bambang Haryanto • Fotografer : Bambang Haryanto • 08 Aug 2016 • Dibaca : 10213 x ,

DE – INDERAJA | Kamis, 4 Agustus 2016, Kepala Bidang Diseminasi  Pusat Teknologi dan Data Penginderaan jauh – LAPAN, Ir. Rubini Jusuf, M.Si di damping oleh penanggung jawab kerjasama di Deputi Bidang Penginderaan Jauh, Ir. Mohammad Muchlis, M.Si menerima tamu dari Bappeda Kabupaten Mempawah Provinsi Kalimantan Barat dalam rangka tindaklanjut kerjasama LAPAN dengan Provinsi Kalimantan Barat tentang pemanfaatan teknologi dan data satelit penginderaan jauh untuk mendukung pembangunan pemerintah daerah khususnya di Kapubaten Mempawah. Kunjungan ini diterima pihak LAPAN di ruang pelayanan pengguna Bidang Diseminasi Pustekdata, Jalan LAPAN no 70, Pekayon Pasar Rebo Jakarta Timur.

Kepala Bappeda Kabupaten Mempawah, Drs. Zulkifli Salim, M.Si didampingi stafnya Firdaus, ST. MT, menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Mempawah sangat membutuhkan data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi dari LAPAN yang nantinya akan dipergunakan untuk mendukung perencanaan pembangunan di daerahnya, terutama dalam rangka menyusun peta Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan peta Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Terkait hal tersebut, Kabid Diseminasi Ir. Rubini Jusuf, M.Si menyampaikan  bahwa LAPAN khususnya di Deputi Bidang Penginderaan Jauh saat ini menyediakan data SPOT-6 dan SPOT-7 dengan resolusi spasial 1,5 meter untuk seluruh wilayah Indonesia yang diperoleh dari hasil perekaman data di Stasiun Bumi Parepare. Selain itu LAPAN juga menyediakan data resolusi sangat tinggi seperti data Quickbird, Geoeye, Wolrdview serta Pleiades yang diperoleh melalui pembelian data. Data-data ini memiliki resolusi 60 cm atau kurang dan dapat digunakan untuk penyusunan peta RDTR. Saat ini LAPAN memiliki data resolusi sangat tinggi dengan luas sekitar 930.000 km2 untuk seluruh wilayah Indonesia.

Kabid Diseminasi Ir. Rubini Jusuf, M.Si juga menyampaikan pula bahwa dalam rangka meningkatkan kemampuan staf daerah dalam hal pengolahan data satelit penginderaan jauh, Deputi Bidang Penginderaan Jauh secara rutin menyelenggarakan pelatihan pengolahan data satelit penginderaan jauh tingkat dasar bagi para staf teknis pemerintahan daerah di Indonesia. Pelatihan ini dilaksanakan di kantor Pustekdata LAPAN di Jakarta dan terbuka bagi semua staf teknis pemerintah daerah serta dapat diikuti secara cuma-cuma. Diharapkan Bappeda Kabupaten Mempawah dapat memanfaatkan program ini dalam rangka capacity building staf-stafnya.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
Kunjungan Kerja Komisi VII DPR RI ke Provinsi Sumatera Utara
02 May 2018
DE – INDERAJA | Provinsi Sumatera Utara pada hari Senin, 30 April 2018 menerima kunjungan anggota Komisi VII DPR RI, yang diketuai oleh H. Gus Irawan Pasaribu, SE, Ak.,…
Kunjungan Kerja Dharma Wanita Kemenristekdikti ke LAPAN Parepare
14 Aug 2017
DE–INDERAJA ǀ Parepare, Jumat 11 Agustus 2017, Stasiun Bumi Penginderaan Jauh LAPAN menerima kunjungan kerja dari Persatuan Dharma Wanita Kemenristekdikti dalam rangka serangkaian acara Hakteknas 2017. Rombongan persatuan Dharma…

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2022 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL