Bidang Kompetensi

Berita



LAPAN PEKAYON MENERIMA KUNJUNGAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI PASCA SARJANA UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA BANDUNG
Penulis Berita : Bambang Haryanto • Fotografer : Bambang Haryanto • 06 Jun 2016 • Dibaca : 14683 x ,

DE – INDERAJA |  Pada hari Kamis, 26 Mei 2016, Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN menerima kunjungan 40 mahasiswa Sekolah Pascasarjana Program Studi Pendidkan Geografi serta 27 mahasiswa D-III Studi Program Survei Pemetaan, yang berasal dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Kunjungan tersebut diterima oleh Kepala Bidang Diseminasi Pustekdata, Ir. Rubini Jusuf, M.Si.

Dalam sambutannya Kepala Bidang Diseminasi Pustekdata menyampaikan beberapa hal diantaranya bahwa LAPAN khususnya di Deputi Bidang Penginderaan Jauh merasa sangat bangga menerima kunjungan dari mahasiswa UPI sebagai sebuah sarana untuk meningkatkan wawasan pengetahuan tentang penginderaan jauh dan juga sebagai sarana menjalin kerjasama dalam pendidikan dan penelitian dengan UPI.

Kabid Diseminasi juga menyampaikan bahwa sesuai dengan Undang Undang  Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan dan Inpres Nomor 6 Tahun 2012 tentang penyedian, penggunaan, pengendalian kuatas, pengolahan dan pendistribusian data penginderaan jauh resolusi tinggi, merupakan tugas untuk menyediakan data penginderaan jauh resolusi rendah, menengah dan tinggi seluruh wilayah Indonesia serta mendistribusikannya kepada pengguna. dan Data tersebut dipergunakan untuk melayani pengguna dari Kementerian/ Lembaga, TNI, POLRI dan Pemerintah Daerah  serta perguruan Tinggi. Dalam kaitannya dengan sektor pendidikan, LAPAN siap membantu mahasiswa yang melakukan penelitian atau menyelesaikan tugas akhirnya dibidang penginderaan jauh dalam pemenuhan kebutuhan datanya serta kemungkinan melakukan praktek kerja lapangan/magang di LAPAN sesuai waktu yang disepakati.

Kepala Program Diploma-III sebagai perwakilan dari UPI menyampaikan harapan kemudahan mendapatkan data penginderaan jauh dari LAPAN untuk kebutuhan proses belajar mengajar dan praktikum penginderaan jauh serta kebutuhan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir. Juga disampaikan harapan dimasa depan dapat dilakukan riset gabungan tentang penginderaan jauh antara UPI dan LAPAN.

Selain itu presentasi  juga disampaikan oleh peneliti Pustekdata dan Pusfatja, Sukentyas Estuti Siwi, M.Si dan Kuncoro Teguh Setiawan, M.Si yang menyampaikan tentang persnyediaan dan pemanfaatan data citra setalit penginderaan jauh yang dimiliki oleh LAPAN. Dalam sesi diskusi, mahasiswa Universtias Pendidikan Indonesia menyampaikan bahwa kunjungan ke LAPAN sangat  bermanfaat khususnya penambahan wawasan tentang data citra satelit penginderaan jauh dan harapannya bisa menyelesaikan tugas akhirnya dengan menggunakan data inderaja yang ada di LAPAN.

Kunjungan dilanjutkan visitasi ke ruangan showroom dan ruang pelayan dipandu oleh Drs. Abdul Asyiri, M.Si dan Drs. Ngadino.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2021 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL