Bidang Kompetensi

Berita



MAHASISWA GEOGRAFI UNIVERTAS GAJAH MADA BELAJAR PENGINDERAAN JAUH DI LAPAN
Penulis Berita : Bambang Haryanto • Fotografer : Bambang Haryanto • 04 Feb 2016 • Dibaca : 9422 x ,

JAKARTA, DE-INDERAJA | Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh  menerima kunjungan mahasiswa Stargis (Studen Associations of Remote Sensing dan GIS) Porgram Diploma Penginderaan Jauh dan SIG Sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada dalam rangka belajar dan pengenalan data citra satelit penginderaan jauh serta visitasi falitas Pustekdata. Kunjungan mahasiswa UGM sebanyak 68 mahasiswa terdiri dari semster II dan semester IV di dampingi  dua dosen pendamping Drs. Zuharnen, M.Sc. dan   Karen Slamet Hardjo, S.Si, M.Sc. Tamu kunjungan di terima oleh Kepala Bidang Diseminasi Ir. Rubini Jusuf, M.Si didampingi Sukentyas Estuti Siwi, S.Si, M.Si peneliti dan humas Pustekdata, dan acara tersebut dilaksanakan di ruang training, Pustekdata jalan Lapan no. 70, Pekayon, Pasar Rebo, Kamis, 4/01/2016

Sambutan dan Pembukaan Kepala Bidang Diseminasi Ir. Rubini Jusuf, M.Si, menyampaikan bahwa Pusat Teknologi Dan Data Penginderaan Jauh Lembaga Penerbanagan dan Antariksa Nasional,   merupakan Lembaga Litbang   khususnya di Pustekdata mendapat mandat dari perintah  menjadi penyedia data penginderaan dari berbagai resolusi  dari resolusi rendah, resolusi menengah, dan resolusi tinggi  sesuai amanat Undang Undang Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan.  Mengelola penerima dan perekaman data satelit penginderaan jauh stasiun bumi  penginderaan jauh Parepare di Provinsi Sulawesi sealatan, Stasiun Bumi Jakarta dan Stasiun Bumi Rumpin, Bogor, Jawa Barat diolah dengan level standar. Data tesebut selanjutnya di simpan di Data Senter dimana strorage dengan kapasitas   3 peta atau sekitar 1.000.000 Gyga. Data tersebut di distribusikan kepada Kementerian dan  Lembaga, Pemerintah Daerah, TNI/POLRI serta Perguruan Tinggi. Bahwa data berpotensi sangat besar manfaatnya  informasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Kabid Diseminasi menyampakan bahwa LAPAN, Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh menyampaikan  LAPAN membuka kepada perguruan tinggi untuk melakukan Kerja Pratek Lapangan.
Sambutan dari Universitas Gajah Mada  Drs. Zuharnen, M.Sc menyampaikan terima kasih atas segala sambutan serta terbukanya LAPAN untuk perguruan tinggi untuk dapat melakukan praktek lapangan dan khususnya kunjungan ini untuk pengenalan lebih dekat tentang data citra satelit penginderaan jauh.

Presentasi atau pemaparan disampaikan oleh Sukentyas Estuti Siwi, S.Si, M.Si menyampaikan  memaparan bahwa Deputi Bidang Penginderaan Jauh, ada dua pusat Pustekdata dan Pusfatja, LAPAN mempunyai  tujuh program utama diantaranya di Deputi Bidang Penginderaan Jauh mempunyai dua program utama Bank Data Penginderaan Jauh Nasional (BDPJN) berada di Pustekdata sedangan Sistem Pemantauan Bumi Penginderaan Jauh (SPBPJ) ada di Pusfatja.

Pustekdata Sesaui dengan Inppres No. 6 Tahun 2012  tentang penyediaan, penggunaan, pengendalian kualitas, pengolahan dan distribusi data satelit penginderaan jauh data yang dimiliki Pustekdata data resolusi rendah Terra/Aqua, NPP, NOAA-18/19, Metop MTSAT-1R), data resolusi menengah (Landsat-7,Landsat-8) dan data resolusi tinggi  9 SPOT-5,SPOT-6, SPOT-7. Teknologi data citra satelit penginderaan jauh dapat memberi manfaat informasi sesuai dengan pengguna yang untuk dapat digunakan tata ruang, kebencanaan, pertanian, pertambangan, banjir. ( Humas _Pustekdata, Bambang Haryanto, Endang Purwanti, Mulyadi)



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2020 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL