Bidang Kompetensi

Berita



Kunjungan BKPMD Dan SKPD Provinsi Sulawesi Selatan Di Kedeputian Bidang Penginderaan Jauh
Penulis Berita : Bambang Haryanto • Fotografer : Bambang Haryanto • 12 Aug 2015 • Dibaca : 7394 x ,

Jakarta, 06 Agustus 2015, di Kedeputian Bidang Penginderaan Jauh menerima kunjungan dari Provinsi Sulawesi Selatan, tamu kunjungan diterima oleh Kepala Pusat dan Teknologi dan Data Penginderaan Jauh beserta jajaran serta Kepala Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh beserta jajaran di gedung Training Pustekdata jalan Lapan no 70, Pekayon Pasar Rebo, Jakarta Timur. Susunan acara  mengunjungi fasilitas LAPAN (Showroom data center), sambutan dan pembukaan oleh Kapustekdata dan Kapusfatja, sambutan dari Prov. Sulsel dari BKPMD, Presentasi, Diskusi dan penutupan. Acara kunjungan disambut dan dibuka oleh Kapustekdata Ir. Dedi Irawadi didampingi Kabid Bank Data Ir. Rubini Jusuf, M.Si dan Kapusfatja Dr. Ir. M. Rokhis Khomarudin, M.Sc didampingi Kabid Sumber Daya Wilayah Pesisir dan Laut Syarief Budhiman, S.Si, M.Sc, Kabid Lingkungan dan Mitigasi Bencana  Parwati, M.Sc,  Kabid.  Sumberdaya Wilayah Darat Dr. Bambang Trisakti serta Kabid Produksi Informasi.

Kunjungan Provinsi Sulawesi Selatan dengan kepala rombongan Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah  H. Irman Yasin Limpo, SH serta SKPD antara lain Dinas Perkebunan, Dinas Pertambangan, Dinas Bina Marga, Dinas Perhubungan, Dinas Kehutanan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Biro Kerjsama, Biro Ekonomi dalam rangka kunjungan pengenalan teknologi data satelit penginderaan jauh yang dimiliki oleh LAPAN. Dalam sambutan koordinator ketua BKPMD H. Irman Yasin Limpo, SH menyampaikan rasa terima kasih atas segala sambutan dan maksud dan tujuan kedatangan kami ke LAPAN melanjutkan yang sudah berjalan sebelumnya terkait dengan teknologi penginderaan jauh untuk pemanfaatan di daerah kami, dengan segala hormat mohon dapat diberikan pencerahan tentang teknologi satelit penginderaan jauh untuk didaerah kami.

Presentasi Kabid Bank Data Ir. Rubini Jusuf, M.Si menyampaikan garis besar struktur LAPAN dan Tugas dan Fungsi LAPAN dianataranya tugas Deputi Bidang Penginderaan Jauh melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis di bidang penelitian, pengembangan dan pemanfaatan serta penyelenggaraan keantariksaan di bidang penginderaan jauh. Fungsi  perumusan kebijakan teknis di bidang penelitian, pengembangan, dan pemanfaatan penginderaan jauh; pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengembangan  teknologi dan data penginderaan jauh serta  pemanfaatannya; pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengembangan pemanfaatan penginderaan jauh; pelaksanaan perolehan, pengolahan, penyimpanan dan distribusi data penginderaan jauh melalui Bank Data Penginderaan Jauh Nasional; pelaksanaan pemanfaatan dan diseminasi informasi penginderaan jauh melalui pengelolaan Sistem Pemantauan Bumi Nasional; pembinaan dan pemberian bimbingan di bidang penelitian dan pengembangan penginderaan jauh; dan pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala dengan didukung  Inpres No. 6 tahun 2012 tentang Penyediaan, Penggunaan, Pengendalian Kualitas, Pengolahan, dan Distribusi Data Satelit Penginderaan Jauh Resolusi Tinggi, Kewajiban LAPAN: menyediakan data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi dengan lisensi Pemerintah Indonesia; meningkatkan kapasitas dan operasi sistem akuisisi data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi; melaksanakan penyediaan data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan; melakukan pengolahan atas data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi berupa koreksi radiometrik dan spektral; membuat metadata atas data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi sesuai dengan Standar Nasional Indonesia; melakukan penyimpanan data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi; dan bersama Badan Informasi Geospasial melakukan pengendalian kualitas terhadap data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi. LAPAN mempunyai Stasiun Bumi Penerima dan Perekaman ada 3 lokasi diantara di Parepare, Sulawesi Selatan, Jakarta dan Rumpin, Jawa Barat, serta data Satelit Penginderaan Jauh yang dimiliki LAPAN  terdari dari Resolusi rendah : Terra/Aqua NPP; NOAA-18/19; MetOp; MTSAT-1R,   Resolusi menengah : Landsat-7; Landsat- Resolusi tinggi  : SPOT-5 (s.d Mar 2015); SPOT-6; SPOT-7. Secara tugas dari pada Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh diantaranya melaksanakan penelitian dan pengembangan model pemanfaatan untuk pemantauan lingkungan dan mitigasi bencana alam, serta penyiapan bahan pelaksanaan kerjasama teknis dibidangnya pengolahan data penginderaan jauh wajib dilakukan dengan mengacu pada metode dan kualitas pengolahan data penginderaan jauh yang ditetapkan oleh Lembaga. (Humas Pustekdata)




Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2020 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL