Bidang Kompetensi

Berita



UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG FAKULTAS ILMU SOSIAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI MENGUNJUNGI LAPAN PEKAYON
Penulis Berita : Bambang Haryanto • Fotografer : Bambang Haryanto • 27 May 2015 • Dibaca : 11460 x ,

Jakarta, Selasa 26 Maei 2015,  sesuai dengan  Kerjasama dan Hubungan Masyarakat KSH LAPAN  menerima kunjungan Universitas Negeri Semarang Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial dalam rangka kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Kedeputian Bidang Penginderaan Jauh di Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh dan Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh. Tamu kunjungan diterima di LAPAN Pekayon di ruang Training Pustekdata, jalan Lapan no. 70 Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial dalam rangka kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Universitas  Negeri Semarang sebanyak 167 mahasiswa/I sementer VI dan didampingi 9 dosen pendamping Drs. Apip Budi Santoso, M.Si selaku ketua rombongan di damaping . Tamu kunjungan diterima oleh Kepala Bidang Teknologi Pengolahan Data Drs. Kustiyo, M.Si, didampingi perekayasa Pustekdata Drs. Abdul Asyiri, M.Si serta Peneliti dari Pusfatja Teguh Prayoga, ST. M.Si juga dari Kerjasam Hubungan Masyarakat (KSH-LAPAN) Folina serta Mega selaku coordinator penyelenggara kunjungan.
Adapun acara kunjungan Universitas Negeri Semarang ke LAPAN sebagai berikut regestrasi, sambutan dari LAPAN, sambutan dari ketua rombongan  tamu kunjungan, penyerahan cindera mata, presentasi Pustekdata dan Pusfatja, tanya jawab, penutup dilanjutkan foto bersama dankunjungan visitasi,  9 dosen pendamping diterima Kapustekdata di ruang Rapat ,selesai.

Sambutan dari LAPAN diwakili oleh  Kepala Bidang Teknologi Pengolahan Data Drs. Kustiyo, M.Si meyampaikan  terima kasih atas kunjungan ke LAPAN, dan menyampaikan bahwa LAPAN dalam pertemuan dengan guru guru geografi seluruh Indonesia akan di usulkan pembelajaran ilmu geografi dengan menggunakan data citra penginderaan jauh dari LAPAN dan rencananya akan diselenggarakan traning khusus. Kenapa LAPAN peduli sekali dengan ilmu geografis khususnya penginderaan jauh, karena LAPAN di Kedeputian Bidang Penginderaan Jauh ada dua pusat yaitu Pusat Teknologi dan Data Penginderaan jauh adalah Bank Data Penginderaan Jauh Nasional (BDPJN) data tersebut dipakai apa tentunya pemanfaatan, di Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh salah satunya pemantauan bumi, tepat sekali Universitas  Negeri Semarang datang di LAPAN Pekayon khususnya di Kedeputian Bidang Penginderaan Jauh dapat membantu adik adik dalam rangka tugas akhir maupun penelitian di bidang penginderaan jauh apalagi sudah diperkuat MoU LAPAN dengan UNES, serta Bali Penginderaan Jauh salah satu fasilitas stasiun bumi penginderaan jauh menerima dan merekam data citra penginderaan jauh.


Sambutan dari ketua Drs. Apip Budi Santoso, M.Si rombongan  Universitas Negeri Semarang Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial, Mahasiswa KKL III, Prodi Geografi semester VI beserta dosen pedamping 9 orang mengucapkan terima kasih atas sambutan LAPAN sangat memuaskan, kami selaku ketua rombongan menyampaikan jumlah mahasiswa 167 orang dan 9 dosen pedamping diantaranya Eva Bunuwati, Puji Harjati, R. Sugiyanto, Wahid, Felani, Arifin dan saya sendiri Apip Budi Santoso.  kami menyadari dan punya rasa tanggungjawab karena dengan peningkatan stastus MoU LAPAN dengan UNES yang baru ditandatangani hari Jum’at tanggal 22 Mei 2015 harus di impromentasikan  dengan kegiatan kegiatan yang saling bermanfaat dan menguntungkan. MoU tersebut yang ditandatangi  dari LAPAN Kepala LAPAN Prof. Dr. Ir. Thomas Djamaludin, M.Sc dan UNES sendiri oleh Rektor Prof. Dr. Faturachman. H.Hut, sekali lagi kami ketua rombongan KKL UNES Geografi mengucapkan terima kasih atas segala sambutan, (ujar Apip Budi Santoso).

Penyerahan cindera mata LAPAN di wakili Drs. Kustiyo, M.Si memberikan cindera mata atau kenang kenangan berupa poster wilayah seluruh serta poster jawa tengah dan 5 buku berbagai judul tentang hasil penelitian pemanfaatan dan penerapan data penginderaan jauh.

Presentasi dari Pustekdata disampaikan perekayasa Drs. Abdul Asyiri, M.Si tentang ketersediaan data penginderaan jauh yang dimiliki oleh LAPAN dan tugas dan fungsi serta diatur Inppres No. 6 Tahun 2012  tentang penyediaan, penggunaan, pengendalaian kualitas, pengolahan dan distribusi data satelit penginderaan jauh  secara detailnya menginstruksikan kepada para menteri, Panglima TNI dan POLRI, para kepala Lembaga Pemerintahan Non – Kementerian, para Gubenur dan para Bupati/Walikota serta Undang Undang No.  21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan tugas dan fungsi LAPAN. Berbicara soal pelayanan data bahwa LAPAN sudah dapat melayani data berbasis website dari dari data resolusi rendah, data resolusi menengah dan data resolusi tinggi. Adapun data resolusi rendah (Terra/Aqua, NPP, NOAA-18/19, Metop MTSAT-1R), data resolusi menengah (Landsat-7,Landsat-8) dan data resolusi tinggi  9 SPOT-5,SPOT-6, SPOT-7 dan LAPAN. Dengan demikian adik adik bisa medapatkan data tersebut untuk tugas akhir maupun penelitian dengan persyaratan  melengkapi surat surat yang diperlukan.

Presentasi dari Pusfatja disampaikan oleh peneliti pusftaja Teguh Prayoga, ST, M.Si menyampai dasar tugas dan fungsi dimana Pufatja di pimpin Kepala Pusat yaitu Kapusfatja membawahi 5 bidang diantaranya bidang Sumber Wilayah Darta, Sumber Wilayat Laut, Lingkungan dan Mitigasi dan Bencana, Produksi Informasi, serat jabatan fungsional di tunjang administrasi atau Tata Usaha. Pusfataja melaksanakan Litbang, litbang pemanfaatan penginderaan jauh serta pelaksanaan kerjasama teknis dibidang penginderaan jauh dengan kementerian/lembaga.

Data citra satelit penginderaan jauh  menjadikan produk unggulan yang dapat didistribusikan kepada pengguna serta pratisi pratisi perguruan tinggi, sebagaimana LAPAN dengan Universitas Negeri Semarang telah menandatangani MoU tentang Data Penginderaan untuk mempelajarai di perguruan tinggi khususnya Geografi kelak akan menjadikan sumber daya manusia dibidang penginderaan jauh. (Humas Pustekdata)


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2020 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL