Bidang Kompetensi

Berita



WORKSHOP & PELATIHAN SENAYAN LIBRARY MANAGEMENT SYSTEM (SLIMS)
Penulis Berita : bambang Haryanto • Fotografer : Bambang Haryanto • 30 Apr 2015 • Dibaca : 4748 x ,

Kerjasama Hubungan Masyarakat (KSH) Perpustakaan LAPAN Pusat menyelenggarakan workshop dan Pelatihan Senayan Library Management System (SLIMS)  selama 3 hari mulai tanggal 27 sampai dengan 29 April 2015 di ruang rapat Perpustakaan Kantor Lapan Pusat jalan Pemuda Persil No. 1, Rawamangun Jakarta Timur. Workshop dan pelatihan ini  dalam rangka  pengembangan aplikasi SLIMS7  yang terintegritas dengan berbagai Departemen/Lembaga tentang pengelolaan perpustakaan berbasis E Library dengan menggunakan open source/ free  software SLIMS7 yang dimiliki oleh Kemendikbud. Pelatihan ini mengupayakan para Pustakawan – Pustakawan  LAPAN (LAPAN Pusat sampai dengan di Kedeputian dan UTP di lingkungan LAPAN) lebih trampil dalam pengelolaan Perpustakaan. Workshop dan Pelatihan ini diikuti seluruh Pustakawan LAPAN serta IT di lingkungan KSH LAPAN.

Pengertian SLIMS 7 adalah open source software (OSS) berbasis web untuk memenuhi kebutuhan automasi perpustakaan (library automation) skala kecil hingga skala besar dengan fitur yang cukup lengkap dan masih terus aktif dikembangkan. SLIMS7 sangat cocok dipergunakan bagi perpustakaan yang memiliki koleksi, anggota dan staf banyak lingkungan jaringan, baik itu jaringan local (internat) maupun internet.

Tujuan dan sasaran pelatihan Tercapainya dan terlaksananya tenaga trampil dalam pelayanan bagi pustakawan (Pusat, Kedeputian, UPT di lingkungan LAPAN) dalam pengelolaan/ mengopesional E-Library untuk pengelolaan perpustakaan yang bersifat konfisional (bahan/buku) maupun berbasis E-libray. Oleh karena itu tentunya dalam penempatan sumberdaya manusia serta tercapainya prosedur kerja dan prosedur mutu seyogyanya disesuaikan dengan prosedur kerja  sehingga akan menghasilkan prosedur mutu yang maksimal. Perpustakaan ini  merupakan bagian  garda paling depan  memberikan informasi tentang pengetahuan, teknologi, budaya, lingkungan hidup dan riset atau apapun informasi yang disebarluaskan kepada masyarakat. Sekalilagi Pustakawan yang  mempunyai peran  didalam pengelolaan perpustakaan.(Humas Pustekdata_Bambang Haryanto)


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL