Bidang Kompetensi

Berita



WORKSHOP GURU GEOGRAFI DARI SELURUH INDONESIA BERKUNJUNG DI KEDEPUTIAN BIDANG PENGINDERAAN JAUH
Penulis Berita : bambang Haryanto • Fotografer : Tono Haryanto • 27 Apr 2015 • Dibaca : 9848 x ,

Jakarta, Jum’at 24 April 2015, Kedeputian Bidang Penginderaan Jauh pada Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh, Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh serta Kerjasama Hubungan Masyarakat LAPAN pengantar penerimaan kunjungan dari Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidik Menengah, Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Fakultas Ilmu  dan Teknologi Kebumian Institut Teknologi Bandung mengadakan kegiatan Workshop Guru Geografi yang di ikuti 60 guru berbagai daerah di Nusantara, tempat kunjungan di LAPAN Pekayon, di jalan Lapan No. 70, Pekayon, pasar Rebo, Jakarta Timur. Dengan susunan rangkaian acara sebagai berikut Regretrasi peserta kunjungan, sambutan dari LAPAN, Sambutan koordinator workshop, preesentasi materi I dari Pustekdata, materi II Pusfatja, kunjungan fasilitas di Pustekdata penutup selesai.

Workshop Guru Geografi ini adalah merupakan salah satu  kepudulian planet ini alias bumi yang kita pinjak. Hari Bumi adalah pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap pada tanggal 22 April dan diperingati secara internasional. Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali makluk diantaranya manusia ini yaitu bumi. Yang mana pecanangan ini pelopor seorang pengajar lingkungan hidup dan juga sebagai Senator Amerika Serikat Gaylor Nelson.  Atas kepedulian akan Bumi,  Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidik Menengah, Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Fakultas Ilmu  dan Teknologi Kebumian Institut Teknologi Bandung menyelenggarakan dan motivator kepada Guru Geografi seluruh Indonesia menyelenggarakan kegiatan workshop Guru Geografi.

Pembukaan dan sambutan diterima oleh Kepala Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh Dr. Ir. M. Rokhis Khomarudin, M.Sc  menyampaikan pemaparan kepada seluruh peserta kunjungan workshop guru geografi seluruh Indonesia menyampaikan terimakasih atas kepercayaannya  kantor kami dikunjungi, dan mengingat waktu yang sangat singkat dapat dimanfaatkan sebaik baiknya mudah – mudah kami dapat memberikan informasi sesuai profesi bapak bapak dan ibu ibu yang kami miliki tentang data citra satelit penginderaan jauh. Bahwasanya Kedeputi Bidang Penginderaan Jauh membawahi Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh mempunyai tugas operasional/ Litbang dan Pusat Pemanfaatan penginderaan Jauh Litbang. Dilanjutkan sambutan dari koordinator workshop guru geografi se Indonesia disampaikan oleh Herry B. Soesilo salah satu dosen di ITB mengucapkan terima kasih atas segala penerimaanya, mudah mudahan waktu sangat terbatas ini akan kami manfaatkan sebaik baiknya.

Presentasi Materi I di sampaikan oleh Kepala Teknologi Pengolahan Data Drs. Kustiyo, M.Si secara kesimpulan tentang organisasi LAPAN dan Tugas dan Fungsi khususnya di Kedeputian Bidang Penginderaan Jauh serta Inpres No. 6 Tahun 2012 tentang penyediaan, penggunaan, pengendalian kualitas, pengolahan dan distribusi data satelit penginderaan jauh ke Kementerian/Lembaga dan didukung Undang Undang No 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan.

Presentasi Materi II disampaikan peneliti dari Pusfatja Suwarsono, M.Si memberikan pemaparan pengenal data satelit penginderaan jauh secara umum dan yang dimiliki oleh LAPAN secara singkat dan pengenalan data citra satelit penginderan sesuai dengan klasifikasinya antara lain : dari data resolusi rendah (Terra/Aqua, NPP, NOAA-18/19, Metop
MTSAT-1R), data resolusi menengah (Landsat-7,Landsat-8) dan data resolusi tinggi  9 SPOT-5,SPOT-6, SPOT-7.

Terakhir kunjungan ke fasilitas Showroom di pandu oleh Drs. Ngadino, Data Centar dipandu oleh Gusti Darma Yudha dan Stasiun Bumi Jakarta Sugiyanto, S.Kom. Terima kasih tim penyelenggara dari Kerjasama Hubungan Masyarakat (KSH-LAPAN) Firmansyah, Sigit Noer Tito Akchmad Mustakfirin,S.Sn serta jajaran Rumah Tangga Pustekdata dan Pusfatja, Humas Pustekdata Drs. Endang Purwanti, Bambang Haryanto, SE, seluruh yang terlibat dalam kegiatan kunjungan ini. (Humas Pustekdata Bambang- Endang Purwanti)


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
WORKSHOP GURU GEOGRAFI DARI SELURUH INDONESIA BERKUNJUNG DI KEDEPUTIAN BIDANG PENGINDERAAN JAUH
27 Apr 2015
Jakarta, Jum’at 24 April 2015, Kedeputian Bidang Penginderaan Jauh pada Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh, Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh serta Kerjasama Hubungan Masyarakat LAPAN pengantar penerimaan kunjungan dari…

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL