Bidang Kompetensi

Berita



KUNJUNGAN INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG FAKULTAS ILMU DAN TEKNOLOGI KEBUMIAN DI LAPAN PEKAYON
Penulis Berita : bambang Haryanto • Fotografer : Bambang Haryanto • 02 Nov 2015 • Dibaca : 8462 x ,

JAKARTA, DE-INDERAJA LAPAN |  Kedeputian Bidang Penginderaan Jauh – LAPAN, Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh dan Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh menerima kunjungan dari Institut Teknologi Bandung –ITB Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian Program studi Meteorologi dalam rangka  kunjungan ilmiah (Ekskursi) sebanyak 100 mahasiswa/I terdiri dari semester III, V dan VII dengan didampingi 2 dosen pendamping koordinator Drs. Djokowiratmo, MP dan Musa Ali Mustofa, M.Si. Kunjungan diterima Kepala Bidang Teknologi Pengolahan Data Drs. Kustiyo,M.Si dan didapimpingi peneliti Dr. Indah Prasasti, Fadila Muchsin, ST,.M.Si di ruang Training Pustekdata jalan Lapan no 70, Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur hari Kamis, 29 Oktober 2015.

Sambutan Kabi. Teklahta Pustekdata Drs. Kustiyo, M,Si menyampaikan beberapa hal   harapan kunjungan ini dapat mendapat wawasa pebgetahuan tentang penginderaan jauh dan juga materi ada kaitanya dengan meteorolgi dan pemaparan akan disampaikan oleh  peneliti Dr. Indah Prasasti, Fadila Muchsin, ST,.M.Si (kata Kustiyo).\
Sambutan dari ketua koordinator kunjungan Drs. Djokowiratmo, MP, terima kasih atas sambutan dan tentunya perlu kami sampaikan bahwa kunjungan   merupakan ekskursi di tempat kami, dengan harapan tujuan ini salah satu pembelajaran diluar kelas bagi peserta mata kuliah observasi meteorology, menambah wawasan pengetahuan  edukasi lapangan untuk referensi ketika akan mengambil tugas akhir serta meningkatkan kekeluargaan antar mahasiswa/I dan antar masyarakat. (Kata Djokowiratmo)

Pemaparan yang disampaikan peneliti dari Pustekdata  Fadila Muchksin, ST, M.Si memaparkan beberapa hal tugas dan fungsi Pustekdata salah satu ditugaskan pemerintah untuk pelaksanaan proses Penyedia, penerimaan dan perekaman, pengolahan informasi dan pendistribusian data  penginderaan jauh reslolusi tinggi sebagai payung hukum. Pustekdata LAPAN sebagai distribusi data penginderaan jauh kepada pengguna Kementerian/ Lembaga, Pemerintahan Pusat dan Daerah, TNI/POLRI dan juga bagi mahasiswa yang akan melakukan peneitian/ PKL,  tugas akhir dengan persyaratan yang telah ditentukan. Pustekdata LAPAN memiliki  data penginderaan jauh terdari dari Resolusi rendah : Terra/Aqua NPP; NOAA-18/19; MetOp; MTSAT-1R,   Resolusi menengah : Landsat-7; Landsat- Resolusi tinggi  : SPOT-5 (s.d Mar 2015); SPOT-6; SPOT-7. LAPAN mempunyai stasiun bumi peneima dan perekam data penginderaan jauh  tiga tempat Balai Stasiun Bumi Penginderaan Jauh Pare Pare di Sulawesi Selatan, Stasiun Bumi Jakarta dan Stasiun Bumi Rumpin Jawa Barat, Pustekdata sebagai penyimpan/ atau lebih familernya Bank Data Penginderaan Jauh Nasional (BDPJN) dan mengolah dan pengelolaan pendisteribusian (kata Fadila M)

Pemaparan dari Dr. Indah Prasasti peneliti Pusfatja memmaparkan kajian atau hasil kegiatan dan penelitian di Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh dengan menggukan data dari Pustekdata selanjutkan dimanfaatkan berbagai kegiatan diantaranya untuk model tutupan Lahan/Hutan, Pengembangan model pemantauan pertumbuhan tanam padi dengan menggunakan data resolusi rendah, pengembangan model umur tanam untuk estimasi panen padi dengan menggunkan data menengah, indentifikasi perkebunan kelapa sawit dengan menggunkan data Landsat,SPOT dengan resolusi tinggi, juga sumberdaya geologi dan meniral (Freeport) dengan menggunkan data Landsat, ZPPI untuk menginformasikan tangkapan ikan, aplikasi untuk mangrove, terumbu karang dan juga dapat dimanfaatkan untuk meteorology.(kata Indah P)

Dilanjutkan tanya jawab yang sang mendasar bahwa pertama manfaat  data yang direkam dan diterima di olah  LAPAN, dan bagaimana untuk mendapatkan data penginderaan jauh untuk mahasiswa dan prosedurnya seperti apa, dan dijelaskan oleh para pemapar  bahwa data yang ada di LAPAN khususnya untuk Kementerian dan Lembaga tidak bayar namun harus ada persyaratan yang harus dipenuh begitu juga mahasiswa yang akan melakakan tugas akhir bisa dan data penginderaan jauh dapat dimanfaatan sesuai dengan manfaatan dan kebutuhan user itu sendiri. Dilanjutkan kunjungan ke visitasi ke Shoeroom dan Pelayanan, data center dan stasiun bumi Jakarta” (Humas- Bambang Haryanto, Endang Purwanti Pustekdata)


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2020 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL