Bidang Kompetensi

Berita



KUNJUNGAN KEPALA LAPAN DI KEDEPUTIAN BIDANG PENGINDERAAN JAUH DALAM RANGKA DIALOG RESTRUKTURISASI.
Penulis Berita : Bambang Haryanto • Fotografer : Bambang Haryanto • 07 Oct 2015 • Dibaca : 5717 x ,

JAKARTA, DE-INDERAJA – LAPAN |  Deputi Bidang Penginderaan Jauh Dr. Orbita Roswintiarti menyambut dan membuka dialog tentang restrukturisasi di Lembaga Penerbangan dan Anatriksa Nasional, De-Inderaja mengajak seluruh yang hadir (Pustekdata dan Pusfaftja) mendengarkan pemaparan Kepala LAPAN Prof. Dr. Thomas Djamaludin. Mudah mudahan dialog ini dapat paling tidak menjawab hal hal yang kurang jelas. Dialaog ini dihadiri seluruh struktural eleson II,III, IV serta para penjabat fungsional Peneliti, Perekayasa di ruang Training Pustekdata, Selasa, 6 Oktober 2015.

Kepala LAPAN menyampaikan bahwa kunjungan yang kedua di De-Inderaja, yang pertama dalam rangka membangun misi bersama, kemudian yang kedua adalah dialog tentang struktur baru. Oleh karena perlu menyesosialisasikan struktur baru”  kata Kepala LAPAN”
Kunjungan ini dalam, kontek dialog, mungkin ada ganjalan struktur baru, mari kita bicarakan  bersama, misi LAPAN” menjadi Pusat Unggulan Penerbangan dan Antariksa untuk mewujudkan Indonesia yang Maju dan Mandiri ”kata Kepala LAPAN”
Misi  LAPAN dalam slogan “ LAPAN unggul untuk Indonesia Maju, LAPAN Melayani untuk Indonesia Mandiri, ini merupakan bahasa menyemangat dari misi LAPAN menjadi instansi yang unggul dari segi kopentensi dan juga unggul pelayanann. Nilai nilai hal ini dapat diimplementasikan 5 rumusan : pembelajaran, Rasional, Kontak Publik, Akuntable/konsisten dan pelayanan publik. Pembejaran adalah pembelajaran segala sesuatu sampai kapapun dan tidak terbatas waktu, berupa peralatan dan sistem dan perlu diupgrade sehingga yang rasional. Konsisten dalam pengertian dari perencanaan bukan untuk dokumentasi untuk pengesahan anggaran tapi untuk dilaksanakan sesuai dengan Undang Undang Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan. Selanjutnya Konsisten dapat dipertanggungjawabkan dan di evaluasi dan dipublikasikan kepada  masyarakat. Pelayanan publik  menjadi hal yang penting, karena membangun kopentensi harus memahami dan menguasai sains, teknologi penerbangan dan antariksa bagi para fungsional peneliti dan perekasaya. Peneliti dan Perekayasa diberi tanggungjawab didala restrukturisasi untuk dapat memberikan pelayanan publik dan jangan terpaku dalam kegiatan operasional. Harapan Peneliti dan Perekayasa dapat meberikan kontribusi yang inovasi dan bermafaatan untuk keunggulan dalam memberikan pelayanan kepada publik.

Deputi Bidang Penginderaan Jauh untuk para fungsional peneliti dan perekayasan ada sandaran untuk mengekspresikan segala inovasi dan kreatifnya membangun unggulan adalah di jurnal Penginderaan Jauh dan Analisis Pengolahan Citra Satelit, serta IJRES merupakan cikal bakal jurnal internasional, diharapkan dapat diisi oleh para peneliti dan perekayasa meningkatkan kualitas dan selanjutnya dapat mengajak kolega kolega untuk ikut serta berpartisipasi. Dari pemaparan tersebut diatas ditunjang kedepanan harus mengarah paten dari segala aspek inovasi, kualiatas yang dapat memberikan kepercayaan kepada para peneliti dan perekayasa.

Restrukturisasi adalah salah satu memenuhi tuntutan reformasi dan birokrasi, dan juga untuk membangun suatu sistem yang lebih baik memicu para fungsional peneliti dan perekayasa. Struktur ini merubah paradigma lama dan peneliti dan perkayasa dituntut untuk dapat menciptakan dan ide ide dan selanjutnya mengusulkan kepada kepala pusat. Ada dua bidang sebagai fasilator  yaitu bidang fasilitas dan program dan bidang desiminasi adalah untuk mendesiminisikan hasil hasil litbangyasa di tingkat pusat.
Program tujuh utama di LAPAN adalah sain antariksa peningkatan sistem pemantauan cuaca antariksa spot sistem, sains atmosfir sistem bersain sain, teknologi roket membangun roket sonda, teknologi penerbanagan membangun sistem memantau maritim berbasis UAF, pesawat trasnportasi N219 dan N245, satelit mikro hal ini faktor anggaran yang sangat besar membangun satelit komunikasi orbit rendah, penginderaan jauh membangun dua program bank data penginderaan jauh nasional (Pustekdata) dan pemantauan bumi nasional (Pusfatja). Khusus program utama penginderaan jauh dapat mengimplementasika Inppres  No. 6 Tahun berikan pelayan kepada K/L dan Pemerintah Pusat maupun Daerah.  penyedia, pengolah informasi, pendistribusian, menyimpan  dan Undang Undang Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan.
De-Inderaja satu satunya Deputi yang mengurusi penginderaan jauh dari hulu samapi hilir adalah akuisisi, mengolah dan menympan dan mendistribusikan dan melakukan riset” kata De-Inderaja

Dari dialog para fungsional peneliti dan perekasaya menanyakan pada kesimpulannya adalah  masih tahap teknis dan birokrasi didalam melakukan inovasi dan kreatif antar pusat yang ada dilingkungan LAPAN. (Humas _Bambang Haryanto)


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2020 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL