Bidang Kompetensi

Berita



Sambutan Kapustekdata Lapan Bimtek Angkatan III
Penulis Berita : bambang Haryanto • Fotografer : Bambang Haryanto • 28 Sep 2015 • Dibaca : 11532 x ,

JAKARTA, INDERAJA LAPAN | Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) pada Deputi Bidang Penginderaan Jauh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengolahan dan Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh gelombang III selama 5 hari, di Pustekdata, Jakarta,  mualai dari tanggal 28 September sampai dengan 2 Oktober 2015.
    Dalam sambutannya saat membuka kegiatan yang diikuti 15 peserta dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dari berbagai daerah di Indonesia ini dan 1 dari Universitas Andalas, Kapustekdata Dedi Irawadi menekankan pentingnya bimtek bagi peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM), serta membangun tuntutan Bimtek serta meciptakan GAP K/L dan Pemerintahan Daerah dan Pusat dalam pendekatan melalui Bimtek.
    Dedi Irawadi menyampaikan, LAPAN menyelenggarakan Bimtek  ini mendapat apresiasi berbagai K/L dan pemerintahan daerah maupun pusat, dan perlu dievaluasi  dari tanggapan peserta  untuk tolok ukur  kedepanya, LAPAN menyelenggarakan Bimtek hanya mampu kapasitas 15 peserta”katanya”
“Tujuan bimbingan teknis pengolahan dan pemanfaatan data penginderaan jauh bagi SKPD, K/L dan Perguruan Tinggi  ini agar setiap daerah mempunyai sumber daya manusia yang mandiri dan trampil dalam mengolah dan memanfaatkan data penginderaan Jauh,” katanya.
Lebih jauh Dedi Irawadi mengemukakan tentang keberadaan fasilitas Bank Data Penginderaan Jauh Nasional Lapan baik dalam hal penerimaan, pendistribusian, ketersediaan maupun perencanaan penyediaan data.
“Saat ini Pemerintah telah menerapkan kebijakan satu pintu bagi penyediaan informasi teknologi dan data penginderaan jauh. Dalam hal ini Lapan telah ditetapkan sebagai satu-satunya lembaga yang diberi wewenang,” kata Dedi.
Sesuai  Inppres No. 6/ 2012 dan UU No. 21/ 2013 tentang Keantariksaan, kewenangan tersebut, kata Dedi, meliputi proses penerimaan, perekaman, pengolahan dan pendistribusian data.
Kegiatan Bimter Angkatan III diikuti 7 peserta dari provinsi Kalimantan Selatan, 2 peserta dari Provinsi Kalimantan Utara, 2 peserta dari Kabupaten Kantingan, 1 peserta dari Kota Waringin Barat, 1 peserta dari Kabupaten Sinjai,  1 peserta dari Universitas Andalas Padang, 1 peserta Kabupaten Ketapang
Bimtek kali ini secara maraton diisi para narasumber yang terdiri dari pejabat fungsional  Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh maupun Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh. Materi pembelajaran meliputi pengolah dan pemanfaatan data penginderaan jauh dengan memanfaatkan data landsat-8. Selain itu juga diperkenalkan software Quantum  Geographic Information System (QGIS).  (Humas-Bambang Haryanto, Pustekdata)


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2021 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL