Bidang Kompetensi

Berita



PERTEMUAN LAPAN DENGAN MDA (MACDONALD, DETTWILER AND ASSOCIATES) PEMANFAATAN DATA SAR
Penulis Berita : Bambang Haryanto • Fotografer : Bambang Haryanto • 22 Sep 2015 • Dibaca : 4042 x ,

Jakarta, Selasa, 22 September 2015

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional pada Kedeputian Bidang Penginderaan Jauh menyelenggarakan  Pertemuan LAPAN Dengan MDA (Macdonald, Dettwiler And Associates) tentang Pemanfaatan  Data SAR pertemuan dan diskusi dalam rangka pengenalan dan pemanafaatan data Radarsat-2.  Pertemuan ini dihadiri berbagai Kementerian dan Lembaga diantaranya KKP,  Kementan, BMKG, BIG, Pusfatekgan LAPAN, Pustekdata LAPAN, Pustekdata LAPAN,  KLHK, BNPB. acara workshop Pertemuan LAPAN Dengan MDA (Macdonald, Dettwiler And Associates) tentang Pemanfaatan  Data SAR antara LAPAN dengan MDA (MacDonald, Dettwiler and Associates Ltd )  dilaksanakan di Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh di ruang Training Pustekdata jalan Lapan no 70, Pekayon, Pasar Rebo Jakarta Timur, dengan susunan acara registrasi, pembukaan dan sambutan dari LAPAN, Sambutan dari MDA dan Radarsat, Pengenalan Stasiun Bumi,  Monitoring banjir dan manajemen bencana, monitoring daerah dengan menggunakan data Radarsat-2, Kehutanan  dengan menggunakan aplikasi Radarsat-2, Pertanian dengan menggunakan aplikasi radarsat-2, Pemetaan dengan menggunakan aplikasi radarsat-2, Kelautan dengan mengngunakan apalikasi Radarsat-2, diskusi bagaimana pemanfaatan data Radarsat-2 untuk program pembangunan di Indonesia, penutup. Tamu dari MDA Greg Frey Direktur International Business Development Geographic,  James Antifaev Manager, Business Development, Geospatial Services di damping Deputi Bidang Penginderaan Jauh Orbita Roswintiarti, Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh Dedi Irawadi dan Kabid Bank Data Rubini Jusuf dan Kabid Teklahta Kustiyo.

Sambutan dan pembukaan oleh Deputi Bidang Penginderaan Jauh Orbita Roswintiarti menyampaikan beberapa hal bahwa peran LAPAN adalah  penyedia data, informasi dan peningkata kapasitas data penginderaan jauh, dengan diselenggarakan pertemuan dan diskusi LAPAN dengan MDA/ Radarsat-2 beserta undangan dari Kementerian/lembaga adalah untuk dapat pengenalan lebih dekat dan mengharapkan dapat dimanfaatkan dengan sungguh sungguh.

RADARSAT-2 adalah sebuah satelit observasi bumi yang berhasil diluncurkan 14 Desember 2007 untuk Badan Antariksa Kanada oleh Starsem, menggunakan kendaraan peluncuran Soyuz FG, dari Kosmodrom Baikonur Kazakhstan. RADARSAT-2 sebelumnya dirakit, terintegrasi dan diuji di Laboratorium David Florida dekat Ottawa, Ontario sebelum memulai kampanye peluncuran. Data Radarsat-2 adalah data penginderaan jauh yang dimiliki oleh kanada dan data SAR/ Radarsat-2 data penginderaan jauh dengan menggunakan sensor dengan azas manfaat dapat digunakan untuk monitoring minyak dan gas, serta monitoring bencana, monitaoring kelautan, monitoring pertanian, monitoring pertambangan, monitoring penerbangan serta monitoring Pertahanan dan Keamanan.

Dengan diselenggarakan pertemuan dan diskusi LAPAN denga MDA, LAPAN sebagai pelaksana dengan harapan seluruh kementerian dan lembaga, pemerintah pusat dan daerah sebagai pengguna  tentunya diharapkan dapat memberikan masukan dan kebutuhan atas manfaat data SAR oleh karena LAPAN sebagai penyedia data penginderaan jauh. (Humas Pustekdata)


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL