Bidang Kompetensi

Berita



Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh Berkunjung Di Lapan Pekayon
Penulis Berita : Bambang • Fotografer : Bambang • 18 Nov 2014 • Dibaca : 12759 x ,

Jakarta, Senin, tanggal 18 Nopember 2014, Kedeputian Bidang Penginderaan  Jauh pada Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh menerima tamu kunjungan dari Politeknik Pertanian Payakumbuh jurusan Pertanian sebanyak 34 mahasiswa serta didampingi 3 dosen pedamping  ketua rombongan Weri Suseno, STP, MP didampingi Reni Evawati, S.Si, M.Si dan Tri Novita  Zohara Y, S.Kom, M,Komp, dalam rangka karya wisata kunjungan lapangan.

Tamu kunjungan diterima  Drs. Abdul Asyiri, M.Si dan Ogi Gumelar, ST peneliti pada Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh, tamu kunjungan di terima  di ruang Traning Pustekdata jalan Lapan No. 70, Pekayon Pasar Rebo, Jakarta Timur. Dalam sambutan Drs. Abdul Asyiri, M.Si menyampaikan terima kasih atas kunjungan di LAPAN mudah- mudahan apa yang di sampaikan nanti buat bekal ilmu pengetahuan tentang data citra penginderaan jauh  di bangku kuliah. Dalam pemaparan disampaikan oleh Ogi Gumelar, ST, tentang terkait tugas dan fungsi LAPAN khususnya pada Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh serta fasilitas stasiun bumi LAPAN. Memberikan materi  pengenalan data citra yang diterima Stasiun Bumi LAPAN saat ini data citra resolusi rendah Terra/Aqua, NPP, NOAA-18/19, Metop, MTSAR-1R, data citra resolusi menengah Landsat-7, dan Landsat-8, untuk Data Citra resolusi Tinggi SPOT-5, SPOT-6 dan SPOT 7. Data Citra ini  tentunya perlu proses dan pengolahan  sesuai dengan kebutuhan user bila perlu informasi data citra tersebut. Jadi adik adik perlu hardware maupun software untuk proses atau pengolahan data tersebut (ujar Ogi Gumelar, peneliti LAPAN).

Peneliti LAPAN Ogi Gumelar menyampaikan  dasar hukum serta tugas dan  fungsi sesuai dengan INPPRES nomor 6 tahun tentang  penginderaan jauh dan diperkuat Undang Undang R.I Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan, dimana pada pasal 20 ayat 1 UU No. 21 Tahun 2013 disebutkan bahwa Lembaga wajib menyelenggarakan penyimpanan dan pendistribusian data melalui Bank Data Penginderaan Jauh Nasional sebagai simpul jaringan data penginderaan jauh dalam jaringan data spasial nasional. Data penginderaan jauh yang didistribusikan meliputi data satelit penginderaan jauh resolusi rendah, menengah dan tinggi, kepada para Kementerian/Lembaga (K/L), TNI/POLRI dan Pemerintah Daerah. Jumlah K/L dan Pemda, sesuai dengan INPPRES Nomor 6 Tahun 2012. Serta aturan untuk mendapatkan data penginderaan jauh bagi Mahasiswa untuk medukung tugas akhir. Ditutup mengunjungi fasilitas fasilitas yang dimiliki LAPAN. Ketua rombongan Dosen pedamping Weri Suseno, STP.MP menyampaikan bahwa ilmu pengetahuan penginderaan jauh sangat mendukung bagi mahasiswa serta dirasakan manfaatnya sangat sangat banyak sesuai dengan yang diperlukan dapat memberikan informasi yang tepat oleh karena itu kedepanya Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh akan mengeterapkan mata kuliah penginderaan jauh dan kalau diperkenanan kami akan menjalin kerjasama. (Humas Bambang Haryanto )


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2020 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL