Bidang Kompetensi

Berita



Kunjungan Dosen STMIK Bani Saleh Belajar Pengelolaan data dan Pengolahan Data Penginderaan Jauh Di Pusat Teknologi Dan Data Penginderaan Jauh - LAPAN
Penulis Berita : Humas Pustekdata • Fotografer : Humas Pustekdata • 11 Jan 2018 • Dibaca : 134 x ,

DE – INDERAJA |  Jakarta, Rabu 10 Januari 2018, Pusat teknologi dan Data Penginderaan Jauh LAPAN menrima kunjungan dosen Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer 20 orang di damping ketua STMIK Bani Saleh Drs. Taufik Maulana, MBA dalam rangka penerapan ilmu komputer  berbagai aspek pengelolaan dan pengolahan dalam bidang keantariksaan khususnya teknologi dan data penginderaan jauh. Tamu kunjungan diterima oleh Kasubbag. Keuangan dan BMN Pustekdata  Dewi Iva Muzdalifah, S.E. didampingi narasumber Drs. Kustiyo, M.Si Peneliti Pustekdata dan Riyan Mahendra Saputra, S.St., M.Kom. Perekayasa Pustekdata.
Sambutan Kasubbag. Keuangan dan BMN Pustekdata  Dewi Iva Muzdalifah, S.E. menyampaikan terima kasih atas kunjungan di LAPAN, dan semoga dapat memanfaatkan waktu yang singkat ini dapat  menambah pengetahuan/ ilmu baru tentang  pengelolaan dan pengolahan teknologi dan pemanfaatan informasi data citra satelit penginderaan jauh yang di miliki LAPAN.  
Sambutan Ketua STMIK Bani Saleh Drs. Taufik Maulana, M.BA, menyampaikan terima kasih atas sambutan LAPAN menerima kunjungan ini, maksud dan tujuan kami mengunjungi LAPAN pada Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh pertama untuk menambah wawasan dalam pengelolaan data center data mining untuk bekal Dosen dalam wawasan pengetahuan pengelolaan dan pengolahan teknologi data penginderaan jauh dalam  membimbing mahasiswa didalam perkuliahan maupun tugas akhir atau skripsi tentang teknik informatika yang di miliki oleh LAPAN, kedua sebagai motivator dosen atau mahasiswa ke depannya dapat menjalin kerjasama antara STMIK Bani Saleh dengan LAPAN.
Narasumber Drs.Kustiyo, M.Si dengan judul Indonesia’s  cloud free mosaic of Landsat-8, dan Riyan Mahendra Saputra, S.St., M.Kom judul Sistem Penerimaan, Pengolahan, Pengelolaan dan Distribusi Data Penginderaan Jauh  dengan semuanya merujuk tugas utama Pustekdata adalah Bank Data Penginderaan jauh Nasional (BDPJN) diantaranya menggumpulkan, memelihara, memutahirkan dan mendistribusikan data penginderaan jauh wilayah Indonesia,  menyediakan data penginderaan jauh (resolusi spasial rendah-tinggi) sia,  menyidiakan informasi mengenai kualitas data penginderaan jauh,  memberi supervisi terkait penginderaan jauh,   memberi masukan kepada pemerintah terkait kebijakan pengadaan ,pemanfaatan,dan penguasaan teknologi data satelit penginderaan jauh,  Membangun system akses data spasial yang terintegrasi dengan system akses jaringan Data Spasial Nasional (JDSN) dan menyediakan akses data spasial kepada masyarakat sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku, menyediakan fasilitas pengolahan data penginderaan jauh bagi para pengguna di luar LAPAN.  
Dengan dukungan akuisisi 3 stasiun bumi diantaranya  Parepare Provinsi Sulawesi Selatan adalah Sistem Penerimaan dan Pengolahan (Terra, Aqua, S-NPP, Landsat-7/8, SPOT-6/7), Rumpin Sistem Penerimaan dan Pengolahan (Terra, Aqua, Landsat-7/8) dan Jakarta Sistem Penerimaan dan Pengolahan (MTSAT, NOAA, METOP). Dan Data Center sebagai penyimpanan data citra satelit penginderaan jauh serta pelayanan data citra satelit penginderaan jauh selanjutnya data tersebut di distribusikan kementerian/Lembaga, TNI/POLRI, Pemerintah dan Daerah dan Institusi Pendidikan.
Jadi tidak menutup kemungkinan untuk kerjasama bagi instititusi dan Mahasiswa dapat melakukan tugas akhir dengan empat pilar sebagai berikut tema pembelajaran software pengolahan data, pembuatan system monitoring pengolahan, pembangunan system otomatisasi pengolahan,  pengembangan method.
Acara di akhiri kunjungan ke fasilitas  stasiun Bumi Jakarta di pandu oleh Sugiyanto, S.S Kom, Showroom dan pelayanan di pandu oleh Yoesron, S. Kom, dan Data Center di pandu oleh Yayat Hidayat, S.Kom. (Humas Pustekdata)


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2018 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL