Bidang Kompetensi

Berita



LAPAN Tingkatkan Kemampuan Pengolahan Data Penginderaan Jauh Staf Teknis Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat
Penulis Berita : WCP • Fotografer : SRP • 06 Oct 2017 • Dibaca : 151 x ,

DE – INDERAJA | Bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Nusatenggara Barat, Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN kembali menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis dengan tema “Bimbingan Teknis Pengolahan dan Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis untuk Pemetaan Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat”. Bimbingan teknis ini diselenggarakan selama 3 hari yang dimulai dari hari Selasa-Kamis , tanggal  3 - 5 Oktober 2017 di ruang aula Dinas PUPR Provinsi NTB, Kota Mataram. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah 55 orang yang merupakan perwakilan dari OPD di lingkungan pemerintah provinsi NTB serta utusan dari Kabupaten/Kota di Provinsi NTB.

Dalam sambutan di acara pembukaan bimbingan teknis, Ir. Rubini Jusuf, M.Si selaku Kepala Bidang Diseminasi Pusat Teknologi Data dan Penginderaan Jauh LAPAN menghimbau kepada seluruh peserta untuk dapat memanfaatkan acara bimbingan teknis ini dengan sebaik-baiknya sehingga para peserta bisa mulai untuk belajar mandiri dalam mengolah data satelit penginderaan jauh sehingga dapat memanfaatkannya dengan baik untuk kepentingan di instansinya masing-masing. Sedangkan Ir. Akhmad Makchul, M.Si, Sekretaris Dinas PUPR Provinsi NTB, mengatakan dalam sambutannya bahwa kemajuan teknologi sangat menguntungkan untuk keperluaan pemetaan untuk berbagai macam keperluan, salah satunya adalah untuk perencanaan wilayah yang juga didukung oleh kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni untuk mengolah, memanfaatkan, dan mengelola data satelit penginderaan jauh. Beliau juga berharap setelah diadakan bimbingan teknis ini, kemampuan interpretasi data satelit peserta dapat meningkat sehingga terwujudnya kemudahan dalam pekerjaan, khususnya untuk perencanaan wilayah.

Pada hari pertama, peserta dikenalkan konsep-konsep dasar penginderaan jauh dan sistem informasi geografis terlebih dahulu. Pengenalan konsep disampaikan oleh Ir. Rubini Jusuf, M.Si yang meliputi Sistem akuisisi, pengolahan, dan manajemen data di LAPAN; Pengenalan Konsep Dasar Penginderaan Jauh dan Contoh Pemanfaatan Data Satelit Penginderaan Jauh; dan Pengenalan Interpretasi Citra Digital. Dilanjutkan dengan Pengenalan Perangkan Lunak Quantum GIS beserta Instalasinya oleh Siti Rahmi Pratiwi, S.T dan Praktikum Pengolahan dan Pembuatan Citra Komposit Landsat 8 oleh Wahyu Candra Pamungkas, S. Kom bersama tim instruktur praktikum dari Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN.

Kemudian di hari kedua, peserta dikenalkan dengan Konsep Dasar Pengukuran GPS oleh Viradhea Gita Rista Laksawana, S.T dan dilanjutkan praktikum GPS di wilayah Dinas PUPR Provinsi NTB bersama tim instruktur. Praktikum GPS meliputi penggunaan GPS Handheld Garmin dan aplikasi android GPS Essentials, pengambilan titik di lapangan, sampai menampilkan titik beserta informasinya pada data satelit. Setelah sesi praktikum GPS selesai, dilanjutkan dengan praktikum Digitasi dan Deliniasi Objek Penutup Lahan yang dipandu oleh Siti Rahmi Pratiwi, S.T dan tim instruktur.

Di hari terakhir, masih dilaksanakan praktikum Digitasi dan Deliniasi Objek Penutup Lahan serta praktikum Pembuatan Layout Peta yang dibimbing oleh Esthi Kurnia Dewi, S.Kom dan tim instruktur.  Setelah melaksanakan semua praktikum, peserta berdiskusi singkat dengan narasumber dan tim instruktur terkait dengan pekerjaan di instansi masing-masing yang berhubungan dengan penginderaan jauh dan sistem informasi geografis. Kegiatan bimbingan teknis ditutup oleh pejabat dinas terkait.

Penulis Berita       :     Wahyu Candra Pamungkas, S.Kom
Fotografer            :     Siti Rahmi Pratiwi, S.T

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL