Bidang Kompetensi

Berita



Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Penyediaan dan Pemanfaatan Data Satelit Penginderaan Jauh Untuk Mendukung Pembangunan Provinsi Bali
Penulis Berita : MR • Fotografer : MR • 29 Sep 2017 • Dibaca : 303 x ,

DE – INDERAJA | Kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis untuk Pemerintah Daerah yang dilaksanakan oleh satuan kerja di lingkungan Deputi Bidang Penginderaan Jauh pada tahun 2017, dengan tema “Penyediaan dan Pemanfaatan Data Satelit Penginderaan Jauh untuk Mendukung Perencanaan Pembangunan Provinsi Bali” yang dilaksanakan di kantor BAPPEDA, Jalan Cokorda Agung Tresna-Denpasar, yaitu selama dua hari dari tanggal 26-27 September 2017.
Kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknik ini dibuka oleh Kepala Bappeda Provinsi Bali Ir. Putu Astawa, M.MA. Pada acara pembukaan ini dijelaskan pentingnya pemanfaatan data penginderaan jauh untuk berbagai bidang terutama pemantauan bencana alam gunung merapi yang sedang terjadi. Diharapkan dengan menggunakan data satelit penginderaan jauh dapat mendeteksi arah lava, dan jalur pengungsu. Selain itu data penginderaan jauh mampu menghasilkan penggunaan lahan yang akan dijadikan sebagai dasar untuk mendukung pembangunan yang ada di Bali.
Pada acara sosialisasi dan bimbingan teknis ini Deputi Bidang Penginderaan Jauh-LAPAN, Dr. Orbita Roswintiarti, M. Sc. memberikan paparan terkait penyediaan dan pemanfaatan data satelit penginderaan jauh untuk mendukung perencanaan pembangunan Kalimantan Selatan, dilanjutkan dengan demo Sistem Pemantauan Bumi Provinsi (SPBP) yang merupakan data dan informasi spasial berbasis data satelit resolusi rendah hingga resolusi tinggi.  
Selain itu, Deputi Bidang Penginderaan Jauh, menawarkan kepada pemerintah daerah baik Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten/Kota di Provinsi Bali, terkait dengan pengolahan dan pemanfaatan data satelit penginderaan jauh lanjutan maupun kerjasama litbangyasa. Pada paparan tersebut dijelaskan juga tentang pemantauan perubahan lahan baik Land Use/Land Cover, pemantauan dibidang pertanian, pemantaun perubahan hutan dan non hutan, Pemantauan sumber daya ekosistem pesisir dan kelautan, eksploitasi sumberdaya alam dan lingkungan, perubahan kondisi terumbu karang, lamun, dan kondisi lainnya, dan monitoring kebencanaan, seperti gunung api dan gempa bumi berbasis data satelit penginderaan jauh. Selain itu juga dijelaskan ketersediaan data dan informasi yang dapat diberikan bagi Pemerintah Daerah Provinsi Bali.
Kegiatan ini dihadiri oleh pejabat struktural dari Pemerintah Daerah Provinsi Bali dan satuan kerja di lingkungan Deputi Bidang Penginderaan Jauh yang pada kesempatan ini juga dihadiri oleh pejabat struktural di lingkungan satuan kerja Deputi Bidang Penginderaan Jauh, LAPAN, yaitu Kepala Pusat Teknologi dan Data Ir. Dedi Irawadi, Kepala Bidang Program dan Fasilitas Ayom Widipaminto, S.T., M.T.. Kegiatan ini juga ikut serta tim teknis dan instruktur bimbingan teknis, yaitu: Mukhoriyah, ST, M. Si. Syifa Wismayati Adawiyah, S. Pi., Rahmat Rizkiyanto, S.Kom, dan Randy Prima Brahmantara, S.T. Pada acara sosialisasi dan juga bimbingan teknis ini dihadiri peserta dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten/Kota di Provinsi Bali dengan Jumlah 68 peserta. (Muchoriah dan Randy)


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL