Bidang Kompetensi

Berita



LAPAN Sosialisasi Data Citra Satelit Resolusi Sangat Tinggi di Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah
Penulis Berita : Asyiri • Fotografer : Asyiri • 18 Sep 2017 • Dibaca : 329 x ,

DE – INDERAJA |  Batang, Jum’at 15 September 2017, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional pada Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh melakukan sosialisasi  ke Kabupaten Batang tentang penyediaan data  citra satelit resolusi sangat tinggi untuk kebutuhan update data peta Kabupaten Batang. Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang rapat Bupati Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah. Sosialisasi tersebut dihadiri Bupati Kabupaten Batang H. Wihaji dan didampingi Wakil Bupati beserta jajarannya Ka. Bapelitbang, Ka.  BPKPAD, Ka. BKD, Ka.  DPMPTSPNaker, Ka. DPUPR Kab. Batang, Ka. DPRKP, Ka. Dispaperta, Ka. Dislutkanak, Ka. DLH, Ka. Humas Setda Kab. Batang, Ka. Diskominfo. Sedangkan yang hadir dari LAPAN Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh Ir. Dedi Irawadi di damping Kepala Bidang Program dan Fasilitas Ayom Widipaminto, ST, MT, Drs. Abdul Asyri, M.Si dan  Dwi Nurcahyo Ari Putro, A.Md

Acara dan sambutan Bupati Kabupaten Batang H. Wihaji  menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Batang dalam program kerjanya salah satunya ingin mempunyai  update data berupa tampilan website Pemda Batang yang smart City dan salah satu alat yang dapat memonitor dan berada diruang kerja bupati yang kontenya berupa penyajian informasi tentang data data berupa potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia di Pemerintahan Kabupaten Batang.

Sosialisasi diberikan Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh Ir. Dedi Irawadi. paparan terkait penyediaan dan pemanfaatan data satelit penginderaan jauh untuk mendukung pembangunan daerah. Pada paparannya, Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh menjelaskan Tupoksi Kedeputian Penginderaan Jauh LAPAN menurut undang undang Keantariksaan, Teknologi Penginderaan Jauh yang dimiliki LAPAN, Data data Penginderaan Jauh yang dimiliki LAPAN dari data resolusi rendah, Menengah dan Tinggi serta sangat tinggi, Rencana LAPAN menerima data CSRST dari Stasiun Bumi Parepare, Berbagai Pemanfaatan data Penginderaan Jauh LAPAN. Salah satu dari Pemanfaatan data dan informasi dapat digunakan antara lain pemantauan perubahan lahan secara multi temporal, pemantauan di bidang pertanian, pemantauan di bidang pertambangan, pemantauan pertumbuhan pemukiman, pemantauan lahan sawah dan perkebunan, pemantauan potensi pariwisata, informasi Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI), deforestasi  wilayah, Indentifikasi perkebunan sawit, Identifikasi perkebunan karet.

Acara  dipengunjung Serah terima data citra resolusi sangat tinggi dan resolusi tinggi yaitu Citra resolusi tinggi data SPOT 7 daerah  wilayah Kab. Batang skala 1:50.000 rekaman 18 Mei  2017 dan Citra resolusi sangat tinggi kota Batang skala 1:2.500 ukuran A0 rekaman 12 September 2013.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL