Bidang Kompetensi

Berita



Sosialisasi Penyediaan dan Pemanfaatan Data Satelit Penginderaan Jauh untuk Mendukung Percepatan Pembangunan Daerah di Kabupaten Banyumas
Penulis Berita : Tim • Fotografer : Tim • 15 Sep 2017 • Dibaca : 316 x ,

DE- INDERAJA | Sosialisasi Penyediaan dan Pemanfaatan Data Satelit Penginderaan Jauh untuk Mendukung Percepatan Pembangunan Daerah di Kabupaten Banyumas dilaksanakan di Kantor Bappelitbangda Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah Jalan Prof. Dr. Suharso No. 45 Purwokerto, tanggal 15 September 2017. Sosialisasi dilakukan oleh Kepala Bidang Diseminasi Pusat Teknologi Data dan Penginderaan Jauh LAPAN Ir. Rubini Jusuf, M.Si dengan didampingi oleh Kasubid Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Bappelitbangda Kabupaten Banyumas Barkah, ST.
Dalam sosialisasi tersebut disampaikan paparan singkat oleh Kepala Bidang Diseminasi Pusat Teknologi Data dan Penginderaan Jauh LAPAN mengenai struktur organisasi LAPAN, landasan hukum dalam perolehan data penginderaan jauh, metode pengolahan, penyimpanan, pendistribusian data serta pemanfaatan data dan diseminasi informasi, yang berlandaskan pada Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2012 dan UU No. 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan. Dalam paparan tersebut juga disampaikan mengenai kegiatan utama di Kedeputian penginderaan jauh, yaitu Pengembangan Bank Data Penginderaan Jauh Nasional dan Pengembangan Sistem Pemantauan Bumi Nasional serta disampaikan beberapa contoh produk data dan informasi pemanfaatan data penginderaan jauh. Kabid Diseminasi Pusat Teknologi Data dan Penginderaan Jauh LAPAN juga menyampaikan bahwa salah satu bentuk kegiatan LAPAN untuk mendukung masyarakat dalam mengolah dan mengaplikasikan data penginderaan jauh adalah dengan memberikan bimbingan teknis pengolahan data penginderaan jauh kepada SDM dari pemerintah daerah atau K/L yang dilaksanakan dalam kegiatan bimbingan teknis reguler di Jakarta ataupun yang dilaksanakan di Kota/Kabupaten daerah bersamaan dengan kegiatan sosialisasi yang diadakan oleh LAPAN.
Adapun Kasubid Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Bappelitbangda Kabupaten Banyumas Barkah, ST menyampaikan bahwa Bappelitbangda Pemerintah Kabupaten Banyumas sadar betul betapa pentingnya pemanfaatan data citra satelit penginderaan jauh. Pemanfaatan data citra satelit sangat penting dalam rangka mendukung pembangunan daerah yang maksimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan kondisi, kekhasan, dan potensi unggulan daerah Kabupaten Banyumas. “Dengan hadirnya teman-teman dari LAPAN khususnya Bapak Ir. Rubini Jusuf, M.Si selaku Kepala Bidang Diseminasi Pustekdata dikantor kami merupakan suatu kehormatan dan kami sangat berterimakasih bahwa LAPAN benar-benar berkomitmen dalam upaya pembinaan daerah terkait pemanfaatan data citra satelit.. Dengan diserahkannya data citra satelit resolusi rendah sampai sangat tinggi kepada kami, maka saat ini kami memiliki data untuk keperluan analisis tutupan lahan, kehutanan, dan perencanaan daerah. Atas diserahkannya data citra satelit ini, kami menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), dan berharap kerjasama akan terus terjalin kedepannya.” demikian ujar Barkah, ST.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL