Bidang Kompetensi

Berita



Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Penyediaan Citra Satelit Penginderaan Jauh dan Pemanfaatannya untuk Perencanaan Pembangunan di Provinsi Maluku
Penulis Berita : Liana • Fotografer : Liana • 12 Jul 2017 • Dibaca : 761 x ,

DE-INDERAJA | Ambon, 11 Juli 2017,  Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN bekerjasama dengan Bappeda Provinsi Maluku, melaksanakan kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis dengan tema “Peran LAPAN dalam Penyediaan Data Satelit Penginderaan Jauh dan Pemanfaatannya untuk Perencanaan Pembangunan di Daerah”. Kegiatan dilaksanakan di Kantor Gubernur Maluku pada tanggal 11-12 Juli 2017, yang diikuti oleh 100 peserta dari 66 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Provinsi Ambon.  Acara Sosialisasi dihadiri oleh Deputi Bidang Penginderaan Jauh, LAPAN, Dr. Orbita Roswintiarti, M. Sc , di dampingi Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh LAPAN, Ir. Dedi Irawadi.
    Acara sosialisasi dibuka oleh Asisten II  Bidang Kesejahteraan Sosial dan Administrasi Sekda Maluku, Maritje Lopulalan, S.H. mewakili Gubernur Maluku, Ir. Said Assagaff yang berhalangan hadir.
Dalam sambutan Gubernur Maluku, yang dibacakan oleh Asisten II  Bidang Kesejahteraan Sosial dan Administrasi Sekda Maluku, Maritje Lopulalan, S.H., menyampaikan bahwa dalam era pembangunan modern saat ini, dukungan data dan informasi geospasial sangatlah diperlukan, baik dari proses perencanaan, pengendalian, hingga proses monitoring dan evaluasi. Mengingat Provinsi Maluku merupakan provinsi kepulauan yang memiliki 1.340 pulau yang tersebar pada 11 kabupaten/kota dan terbatasnya anggaran pembangunan, maka data citra satelit penginderaan jauh sangat penting dalam mendukung kebijakan perencanaan pembangunan daerah, baik oleh Pemerintah Daerah maupun swasta. Gubernur Maluku, Ir. Said Assagaff berharap kepada seluruh peserta agar mengikuti Sosialisasi dan Bimbingan Teknis dengan serius agar hasilnya dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk kegiatan pembangunan di daerah masing-masing.
    Deputi Bidang Penginderaan Jauh, LAPAN, Dr. Orbita Roswintiarti, M.Sc. dalam acara tersebut memberikan paparan terkait penyediaan dan pemanfaatan data satelit penginderaan jauh untuk mendukung perencanaan pembangunan di Provinsi Maluku, dilanjutkan dengan demo Sistem Pemantauan Bumi Provinsi (SPBP) yang merupakan data dan informasi spasial berbasis data satelit resolusi rendah hingga resolusi tinggi. Pada paparannya, Deputi Bidang Penginderaan Jauh menjelaskan pemantauan perubahan lahan secara multi temporal, pemantauan di bidang pertanian, pemantauan di bidang pertambangan, pemantauan pertumbuhan pemukiman, pemantauan lahan sawah dan perkebunan, pemantauan potensi pariwisata, pemantauan pulau-pulau kecil, informasi Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI) di Provinsi Maluku. Selain itu juga dijelaskan ketersediaan data dan informasi yang dapat diberikan bagi Pemerintah Daerah Maluku. Deputi Bidang Penginderaan Jauh menjelaskan bahwa LAPAN sangat terbuka dan antusias untuk bekerja sama dalam bidang geospasial sebagai penyedia data penginderaan jauh. Beliau juga menegaskan bahwa permohonan data penginderaan jauh ke Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh sangat mudah dan telah memotong segala birokrasi yang menyulitkan, guna mendukung kelancaran kegiatan pembangunan di berbagai daerah.
    Kegiatan bimbingan teknis pemanfaatan data penginderaan jauh dilaksanakan selama satu setengah hari hingga tanggal 12 Juli 2017 dengan materi ajar meliputi informasi penyediaan dan pemanfaatan data penginderaan jauh, browse catalog dan cara perolehan data satelit inderaja di LAPAN, pengenalan dasar dan pengolahan data satelit inderaja, interpretasi visual dan deliniasi objek penutup lahan, penghitungan luas serta layout citra.  Bimbingan teknis diberikan oleh Tim instruktur De-Inderaja LAPAN antara lain  Fadila Muchsin, M.Si., Liana Fibriawati, S.Si., Syifa Wismayati Adawiah, S.Pi., Esthi Kurnia Dewi, S.Kom.(Tim Instruktur De-Inderaja LAPAN).


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL