Bidang Kompetensi

Berita



Sistem Katalog BDPJN Berbasis Web-GIS Untuk Penyajian Data INDERAJA
12 Nov 2014 • Dibaca : 5438 x ,

Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (PUSTEKDATA) adalah satuan kerja pada Kedeputian Bidang Penginderaan Jauh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). PUSTEKDATA mempunyai fungsi melaksanakan penelitian dan pengembangan   data penginderaan jauh (inderaja) dari akuisisi, pengolahan, pengelolaan dan diseminasi data inderaja. Salah Diseminasi data inderaja melalui sistem katalog Bank Data Penginderaan Jauh Nasional (BDPJN). Sistem katalog bertujuan memudahkan pengguna untuk melakukan pencarian, visualisasi data, pemesanan dan pengunduhan data inderaja yang dimiliki oleh LAPAN.
    Sistem katalog telah dikembangkan sejak tahun 2012 dan sampai saat ini masih terus dikembangkan untuk melengkapi fitur-fitur dan jenis data inderaja yang beragam.Sistem katalog (gambar 1) terdiri dari dua proses yaitu proses front-end dan back-end, proses front-end menangani interaksi dengan pengguna, fitur-fitur yang dapat digunakan seperti pencarian, visualisasi, pemesanan dan unduh data, sedangkan proses back-end merupakan proses yang dilakukan untuk memproduksi data sehingga dapat ditampilkan dalam system catalog (seperti register data, validasi, pembuatan image service, footprint dan thumbnail).
    Hingga saat ini terdapat 12 Jenis data inderaja yang ada dikatalog BDPJN dengan jumlah total 42,435 data inderaja. Namun masih terdapat tantangan kedepannya dalam pengembangan system catalog, karena beberapa jenis data belum berhasil dimasukkan kedalam system katalog dikarenakan tiap data memiliki format dan karakteristik yang berbeda. Hal tersebut masih  terus dikaji dan diupayakan untuk segera bisa dimasukkan kedalam system catalog untuk memperkaya data yang ada disistem katalog BDPJN.








Related Posts
No Related posts

Satuan Kerja
Peraturan Perundangan
UU No.21 2013
Inpres No.6 2012
JDIH
Multimedia
Foto
Video
Unduh
Unduh File
Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL